Jakarta (ANTARA) - Komitmen PT Putra Perkasa Abadi (PPA), perusahaan jasa pertambangan, dalam inovasi dan pengembangan teknologi keselamatan kerja mendapat apresiasi Subroto Award 2024 dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).


"PPA sangat menghargai kesehatan dan keselamatan pekerjanya, statistik kecelakaan tertinggi di pertambangan ada pada benda bergerak (kendaraan). Oleh karena itu PPA mengembangkan teknologi untuk meningkatkan keselamatan pekerja, sesuai dengan tagline kami, Safe and Strong Operational Performance,” kata Presiden Direktur PPA Joko Triraharjo dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Joko Triraharjo mengatakan, komitmen terhadap keselamatan operasional melalui prinsip Safe & Strong Operational Performance telah diinternalisasi selama dua dekade ini dalam upaya memperkuat peran perusahaan di sektor pertambangan Indonesia.

Slogan ini didukung oleh kebijakan anggaran tanpa batas untuk keselamatan (unlimited budget for safety), yang mencerminkan dedikasi PPA dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman serta berinovasi dalam teknologi keselamatan pertambangan.

PPA meraih Subroto Award dalam Kelompok Keselamatan, Keteknikan, dan Perlindungan Lingkungan Mineral dan Batu bara bidang Inovasi Keteknikan dan Lingkungan Minerba, dengan kategori Keselamatan Pertambangan Perusahaan Jasa Pertambangan, melalui inovasinya pada bidang keselamatan alat berat bernama Pre-Collision Prevention Drive Assist (PRECISE).

PRECISE adalah teknologi yang dipasang pada alat berat untuk mendeteksi objek penghalang dan mengkalkulasi jaraknya saat unit beroperasi.

Dengan demikian, alat berat dapat secara otomatis mengurangi kecepatan dan melakukan pengereman, sehingga mampu mencegah terjadinya kecelakaan.

“Penghargaan Subroto Award ini menjadi kebanggaan bagi seluruh PPA Group, kedepannya kami akan terus meningkatkan inovasi teknologi keselamatan di pertambangan. Kami juga berharap, inovasi yang kami kembangkan bisa digunakan oleh perusahaan lain sehingga bisa menciptakan area kerja yang lebih aman,” tambahnya.

Penghargaan ini melengkapi raihan PPA pada Good Mining Practice (GMP) Award yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara pada akhir September lalu.

PPA berhasil meraih empat penghargaan Aditama (emas) untuk PPA site Adaro Indonesia, PPA site MLP, PPA site Bukit Asam, dan PPA site Borneo Indobara.

Hal ini menjadikan PPA menjadi perusahaan jasa pertambangan pertama yang berhasil meraih trofi Best of the Best dalam kategori Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara selama tiga tahun berturut-turut dari Kementerian ESDM.

Pewarta: Faisal Yunianto
Editor: Abdul Hakim Muhiddin
Copyright © ANTARA 2024