Sorong (ANTARA) - Polda Papua Barat mengatakan bahwa kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pada masa kampanye Pilkada Papua Barat 2024 di daerah itu masih kondusif.

Demikian disampaikan Liaison Officer (naradamping) Polda Papua Barat Daya Kombes Pol Budi Utomo saat melakukan pengamanan terhadap prosesi pelantikan anggota DPRD Papua Barat Daya di Kabupaten Sorong, Jumat.
 
"Sampai dengan saat ini situasi tahapan kampanye Pilkada Papua Barat Daya masih berjalan dengan aman dan kondusif," jelas Budi.
 
Dia menyampaikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat di provinsi ke-38 itu karena ikut berkontribusi dalam menjaga kondisi keamanan dan ketertiban selama tahapan kampanye terbatas  lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur.
 
Kendatipun kondisi kamtibmas di wilayah itu masih terbilang aman dan kondusif, Polda Papua Barat masih tetap melaksanakan pengamanan secara intensif di sejumlah titik yang dianggap rawan.
 
"Kita masih tetap melakukan pengamanan walaupun memang kondisi di Papua Barat Daya aman dan kondusif," ujar dia.
 
Dia menyebutkan, jumlah personel Polda Papua Barat yang bertugas untuk mengamankan seluruh tahapan pilkada di Provinsi Papua Barat Daya berkisar 808 anggota.
 
"Nanti ditambah lagi dengan personel TNI untuk bersama mengamankan Pilkada di provinsi ke-38 ini," ujar dia.

Dia berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga kondisi kamtibmas aman dan kondusif supaya pilkada berjalan damai, aman dan lancar.

KPU Papua Barat Daya telah menetapkan lima pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada pilkada di provinsi termuda itu, terdiri dari pasangan Elisa Kambu dan Ahmad Nausrau, Yoppie Onesimus Wayangkau dan Ibrahim Wugaje, Bernad Sagrim berpasangan dengan Sirajudin Bauw serta Abdul Faris Umlati dan Petrus Kasihiw.

Baca juga: KPU Papua Barat tetapkan DPT Pilkada 2024 mencapai 376.548 pemilih
Baca juga: Profil Joppye Wayangkau, calon gubernur Papua Barat Daya 2024
Baca juga: Profil Bernard Sagrim, calon gubernur Papua Barat Daya 2024
Baca juga: Profil singkat Elisa Kambu, calon gubernur Papua Barat Daya 2024

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024