Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan membersihkan trotoar dan fasilitas umum dari Jalan Sudirman hingga masuk ke kawasan Gedung MPR RI untuk menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) pada 20 Oktober 2024.
 
"Bersih-bersih ini terkait dengan rencana pelantikan presiden dan wakil presiden pada tanggal 20 Oktober nanti," kata Asisten Pemerintahan (Aspem) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany di kawasan Tanah Abang, pada Jumat.

Bersih-bersih juga dilakukan di Jalan Merdeka Selatan yang merupakan jalur perlintasan presiden dan wakil presiden.

"Kebetulan titik perlintasannya ada di Jakarta Pusat, kita diminta untuk melakukan penataan di kawasan-kawasan khususnya yang dilintasi oleh presiden," katanya.

Baca juga: Jakpus bersihkan area Patung Kuda jelang pelantikan presiden-wapres
 
Denny mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi bahwa nantinya Presiden Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto akan melintasi mulai dari Kartanegara melewati Patung Pemuda hingga jalur-jalur yang sedang dilakukan pembersihan sekarang.
 
"Makanya ini sudah masuk dalam kawasan Tanah Abang kita melakukan penataan di titik awal pembersihan dari sini (depan FX Sudirman) hingga masuk ke kawasan Gedung MPR," kata Denny.
 
Setelah pelantikan, lanjut Denny, nantinya ada serah terima jabatan di Istana Negara. Karena itu, dilakukan persiapan-persiapan untuk keseluruhan wilayah Jakarta Pusat. 
 
"Artinya hari ini kita melakukan persiapan-persiapan itu hampir di seluruh wilayah Jakarta Pusat bergerak dengan melibatkan pihak terkait khususnya dalam rangka wilayahnya dulu yang diberesin dan di hari H-nya nanti ada 'event-event' yang kita persiapkan," kata Denny.

Baca juga: Jakpus ikut persiapkan pelantikan presiden dan wapres
 
Menurut Denny, euforia masyarakat dalam menyambut arak-arakan presiden dan wakil presiden sangat tinggi. Denny berharap pihak kelurahan dapat melakukan penempatan personel di titik perlintasan.
 
"Informasinya dari instansi-instansi lain pun ikut kegiatan yang sama khususnya meletakan titik-titik sarana kebudayaan juga hiburan-hiburan untuk memeriahkan acara itu," kata Denny.
 
Hadir dalam kegiatan bersih-bersih tersebut Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, Lurah Glora Togar dan Lurah Karet Tengsin M Hari Ananda.
 
Presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10) mendatang.
 
Prosesi pelantikan itu akan digelar di Gedung MPR serta disaksikan oleh seluruh anggota legislatif.
 
Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
​​

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024