Seoul (ANTARA) - Korea Utara untuk kesekian kalinya kembali meluncurkan sekitar 40 balon berisi sampah menuju Korea Selatan pada Jumat (11/10) dini hari, hanya tiga hari setelah peluncuran serupa dilakukan, kata militer Korea Selatan.

Joint Chiefs of Staff (JCS) melaporkan bahwa pihaknya menemukan "banyak" tumpukan sampah yang jatuh di beberapa bagian wilayah perbatasan antar-Korea di Cheorwon, Provinsi Gangwon, setelah peluncuran terakhir yang dimulai pada Kamis (10/10) malam.

Tumpukan tersebut terdiri atas sampah rumah tangga, seperti kertas bekas dan plastik, namun tidak ditemukan zat berbahaya.

Sejak akhir Mei, Korut telah meluncurkan ribuan balon berisi sampah ke arah Korea Selatan. Pada peluncuran terakhirnya Selasa lalu, sekitar 100 balon serupa dikirim.

Menanggapi peluncuran balon tersebut, militer Korsel telah menyiarkan propaganda anti-Korut setiap hari melalui pengeras suara di sepanjang perbatasan sejak Juli.

Mereka menahan diri untuk tidak langsung menembak jatuh balon-balon tersebut dengan alasan keamanan.

Militer Korea Selatan berjanji akan mengambil tindakan militer yang "tegas" jika Korea Utara "melewati batas" dengan kampanye balon sampah yang sedang berlangsung atau menyebabkan kerusakan serius bagi rakyat Korea Selatan.

Sumber: Yonhap-OANA
Baca juga: Korut kembali luncurkan 190 balon berisi sampah ke arah Korsel
Baca juga: Korea Selatan sebut Korea Utara kirim 240 balon berisi sampah
Baca juga: Korsel peringatkan Korut tanggung jawab atas peluncuran balon sampah


Penerjemah: Primayanti
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024