Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat mengerahkan personel gabungan membersihkan sarana dan prasarana jalur perlintasan di kawasan Patung Kuda, Gambir, menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) pada 20 Oktober 2024.
 
"Kegiatan pagi ini melakukan pembersihan lintasan dalam rangka menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden, guna memastikan jalur yang dilalui dalam keadaan bersih," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting di Jakarta, Jumat.

Bakwan menyebutkan, bersih-bersih kali ini meliputi pembersihan trotoar, saluran, tali-tali air, penopingan pohon dan taman yang ada di sekitar area. "Nantinya juga akan ada panggung di depan Istana Merdeka," katanya.
 
Kegiatan bersih-bersih ini merupakan agenda rutin yang sudah sering dilaksanakan. Apalagi jika ada acara besar yang berlangsung di wilayah Jakarta Pusat.
 
"Harapan kita, kebersihan ini tetap kita jaga agar warga masyarakat dapat merasakan kenyamanan dan kebersihan yang tersedia di sekitaran Monas ini," ujar Bakwan.

Baca juga: Jakpus ikut persiapkan pelantikan presiden dan wapres
Baca juga: Mensesneg pastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan Prabowo-Gibran
 
Pemerintah Kota Jakarta Pusat ikut melakukan berbagai persiapan untuk pelantikan presiden dan wapres RI pada Minggu (20/10) di Gedung MPR RI, Senayan, Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang.
 
"Ada beberapa persiapan yang kita lakukan, mulai dari kebersihan, keamanan dan ketertiban yang menjadi lintasan pelantikan," kata Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir di Jakarta, Rabu (9/10).
 
Presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik menjadi presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10) mendatang.
 
Prosesi pelantikan itu akan digelar di Gedung MPR serta disaksikan oleh seluruh anggota legislatif.
 
Setelah itu, Prabowo dan Gibran direncanakan pergi ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024