Jakarta (ANTARA) - Bekerja di minimarket atau supermarket adalah salah satu pilihan karier yang cukup umum di Indonesia. Selain karena peluang kerja yang selalu ada, pekerjaan di bidang penjualan kebutuhan sehari-hari ini menyediakan berbagai posisi pekerjaan, seperti melayani pelanggan hingga manajemen stok barang.

Namun, sebelum melamar pekerjaan ini, kerap menjadi pertanyaan berapa sebenarnya gaji karyawan minimarket dan supermarket di Indonesia?

Gaji karyawan minimarket atau supermarket bisa bervariasi tergantung beberapa faktor, seperti gaji UMR lokasi, jabatan, dan perusahaan tempat bekerja.

Di kota-kota besar seperti Jakarta, Tangerang, atau Bandung, umumnya juga memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan daerah lain karena biaya hidupnya yang juga lebih besar.

Selain itu, supermarket seperti Superindo, Hypermart, atau Transmart biasanya memiliki gaji yang sedikit lebih tinggi dibandingkan minimarket seperti Alfamart atau Indomaret.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan gaji karyawan minimarket dan supermarket secara umum mengutip dari berbagai sumber lowongan pekerjaan.

Pramuniaga

Pramuniaga bertanggung jawab untuk membantu pelanggan dalam penjualan, memastikan barang-barang terpajang dengan baik, mengisi stok yang kosong, dan menjawab pertanyaan terkait produk. Mereka juga membantu menjaga kebersihan dan kenyamanan tempat penjualan. Gaji pramugari sekitar Rp2,6 juta – Rp4,3 juta.

Kasir

Kasir bertugas melayani pembayaran pelanggan yang membeli barang. Mereka harus bertanggungjawab dalam transaksi toko, baik menggunakan uang tunai, kartu debit, maupun kredit, serta menjaga laporan keuangan toko setiap harinya. Gaji kasir sekitar Rp3,1juta – Rp4,9 juta,

Staff gudang

Staf gudang bekerja di tempat penyimpanan barang, mengelola penerimaan barang dari supplier, menyortir, dan menyimpan barang-barang di gudang sebelum dipindahkan ke rak penjualan. Mereka juga bertanggung jawab atas pengiriman barang dan menjaga jumlah stok agar tetap tersedia. Gaji staf gudang sekitar Rp4,6 juta – Rp5,2 juta

Merchandiser

Merchandiser yang bertanggung jawab untuk memastikan produk-produk di toko ditampilkan dengan cara yang menarik dan strategis untuk meningkatkan penjualan. Mereka melakukan analisis untuk merencanakan, mengelola, dan mengatur tata letak produk agar sesuai dengan kebutuhan pembeli. Gaji merchandiser sekitar Rp2,5 juta – Rp3,5 juta

Quality Assurance (QA)

​​​​​​​Quality Assurance bertujuan untuk memastikan bahwa produk yang dijual memenuhi standar kualitas penjualan toko, mulai dari segi keamanan, kebersihan, hingga keaslian produk. QA bertugas untuk memantau, mengawasi, dan mengecek berbagai produk yang ada di toko untuk memastikan bahwa produk layak untuk digunakan. Gaji QA sekitar Rp4,4 juta - Rp6 juta.

Supervisor

​​​​​​​Supervisor mengawasi operasional harian supermarket. Tugas mereka mencakup pengelolaan koordinasi karyawan, memastikan stok barang selalu tersedia, menangani masalah pelanggan, serta menjaga agar semua operasional berjalan lancar sesuai dengan standar perusahaan. Gaji supervisor sekitar Rp4,2 juta – Rp6 juta.

Manager

Manajer bertanggung jawab dalam keputusan seluruh operasional supermarket. Mereka merancang strategi penjualan, memantau seluruh karyawan, serta memastikan agar toko mencapai target penjualan. Gaji manager sekitar Rp6 juta – Rp9 juta.

Selain gaji pokok, karyawan minimarket dan supermarket diberikan berbagai tunjangan yang sesuai dengan posisi jabatan. Secara umum, tunjangan yang didapat karyawan berupa biaya transportasi, biaya kesehatan, tunjangan hari raya (THR), bayar uang lembur, bonus kerja, dan hari libur.


Baca juga: Rincian gaji dan tunjangan anggota DPRD

Baca juga: Syarat menjadi dosen dan besaran gajinya di Indonesia

Baca juga: Beda guru PNS dan swasta berikut gajinya


Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024