Jakarta (ANTARA) - Timnas Belgia mengamankan satu poin ketika bertandang ke markas Italia 2-2 pada pertandingan UEFA Nations League Liga A Grup 2 di Stadion Olimpico, Roma, Jumat dini hari WIB.

Pada pertandingan ini, Italia dapat unggul terlebih dahulu lewat Andrea Cambiaso dan Mateo Retegui, namun Belgia dapat menyamakan kedudukan melalui Maxim De Cuyper serta Leandro Trossard, demikian catatan UEFA.

Hasil ini membuat Belgia masih berada di peringkat ketiga klasemen sementara UEFA Nations League Liga A Grup 2 dengan empat poin dari tiga laga, sedangkan Italia masih menempati posisi pertama dengan tujuh poin.

Secara statistik Belgia mendominasi jalannya pertandingan dengan 62 persen penguasaan bola serta melepaskan total 12 tendangan, sementara Italia harus bermain dengan 10 orang sejak menit 40 karena Lorenzo Pellegrini diganjar kartu merah langsung.

Pada pertandingan ini Italia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan mendapatkan gol cepat menit ke-1 lewat tendangan Andrea Cambiaso sehingga skor berubah menjadi 1-0.

Italia kembali memberikan ancaman ke gawang Belgia melalui tendangan Davide Frattesi, akan tetapi bola masih belum menemui sasaran.

Skuad asuhan Luciano Spalletti sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-24 setelah Mateo Retegui dapat memanfaatkan bola muntah hasil tendangan Cambiaso sehingga skor berubah menjadi 2-0.

Italia harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-40 setelah Lorenzo Pellegrini diganjar kartu merah langsung oleh wasit setelah melalui tinjauan VAR karena melakukan pelanggaran keras kepada Arthur Theate.

Keunggulan jumlah pemain dapat dimaksimalkan oleh Belgia yang mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-42 lewat gol Maxim De Cuyper setelah memanfaatkan umpan Leandro Trossard sehingga skor berubah menjadi 1-2.

Belgia hampir menyamakan kedudukan menjelang berakhirnya babak pertama, namun upaya dari Orel Mangala masih dapat diselamatkan oleh kiper Italia Gianluigi Donnarumma.

Baca juga: UEFA Nations League: Inggris telan kekalahan tipis dari Yunani 1-2

Memasuki babak kedua, giliran Belgia yang mengambil inisiatif menyerang terlebih, namun Italia yang menciptakan peluang lebih dulu lewat tendangan Frattesi yang masih belum menemui sasaran.

Mangala kembali membuat peluang untuk Belgia kali ini lewat tendangan keras dari luar kotak penalti, namun tendangannya masih belum menemui sasaran.

Belgia akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-61 dan membuat skor menjadi sama kuat 2-2 lewat gol dari Leandro Trossard setelah memanfaatkan umpan Wout Faes.

Berhasil menyamakan kedudukan, Belgia terus menggempur lini pertahanan Italia, namun hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-2 untuk kedua negara tetap bertahan.

Selanjutnya Belgia akan menghadapi Prancis pada pertandingan keempat UEFA Nations League Liga A Grup 2, Senin (14/10), sedangkan Italia berjumpa Israel, di hari yang sama.

Baca juga: Jadwal Nations League: Portugal hadapi Polandia, Italia jamu Belgia

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024