Stockholm (ANTARA) - Penulis asal Korea Selatan (Korsel) Han Kang memenangkan Penghargaan Nobel Sastra 2024, demikian diumumkan Swedish Academy pada Kamis (10/10).

Pengumuman tersebut menjadikan Han sebagai penulis Korsel pertama yang memenangkan penghargaan bergengsi ini. Swedish Academy memuji Han atas prosa puitisnya yang mendalam yang membahas trauma sejarah dan mengungkap kerapuhan hidup manusia.

Anders Olsson, Ketua Komite Nobel Sastra, memuji kemampuan Han dalam mengekspresikan empati fisik terhadap kehidupan yang rentan dari karakter-karakternya, yang sering kali merupakan perempuan dalam karyanya.

"Dia memiliki kesadaran yang unik tentang hubungan antara tubuh dan jiwa, yang hidup dan yang mati, dan dengan gaya puitis dan eksperimental, (dia) telah menjadi inovator dalam prosa kontemporer," ungkap Olsson.

Novel Han berjudul "The Vegetarian", yang memenangkan penghargaan International Booker Prize 2016, tetap menjadi karyanya yang paling dikenal di tingkat internasional. Selain itu, dia juga telah menulis beberapa karya lain yang mendapat banyak pujian, di antaranya "Human Acts", "The White Book", dan "Greek Lessons". 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Hanni Sofia
Copyright © ANTARA 2024