Jakarta (ANTARA) - Eksim atau dermatitis atopik seringkali menjadi mimpi buruk bagi para orang tua, terutama saat si kecil mengalami flare-up. Melihat kulit si kecil yang merah, gatal, dan terasa tidak nyaman tentu membuat hati para orang tua merasa sedih dan khawatir.

Namun, kini para orang tua tidak perlu khawatir lagi, karena sejumlah produk perawatan kulit bagi bayi hadir dengan solusi alami untuk mengatasi gejala eksim pada si kecil.

Beberapa bahan alami terbukti secara ilmiah efektif dalam mengurangi gejala eksim. Bahan-bahan seperti sweet almond oil, shea butter, Tamanu oil, Calendula, provitamin B5, dan Ceramide bekerja secara sinergis untuk melembapkan kulit, mengurangi peradangan, serta mempercepat proses penyembuhan.

Baca juga: Studi sebut defisiensi vitamin D tingkatkan risiko anak terkena eksim

Sweet almond oil berfungsi sebagai pelembab alami yang dapat menenangkan kulit yang iritasi. Shea butter dengan sifat anti-inflamasinya dapat membantu mengurangi kemerahan dan peradangan. Tamanu oil memiliki khasiat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka pada kulit yang rusak akibat eksim. Calendula dengan sifat antiseptiknya dapat menenangkan kulit yang meradang. Provitamin B5 membantu melembapkan dan memudarkan bekas luka, sementara Ceramide berperan penting dalam memperkuat lapisan pelindung kulit atau skin barrier.

Jenama perawatan kulit produksi lokal Indonesia Cahaya Naturals menawarkan produk perawatan kulit yang aman dan efektif untuk mengatasi eksim pada si kecil dengan menggabungkan seluruh manfaat bahan alami tersebut.

Baca juga: Dermatitis atopik atau eksim termasuk penyakit kulit kronis

Dalam keterangannya pada Jumat, Cahaya Naturals menyebut prestasinya menembus pasar Malaysia. Pencapaian ini ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama ekspor senilai 50.000 dolar AS di ajang Trade Expo Indonesia 2024.

Dengan slogan "Inspired by Nature, Powered by Science", Cahaya Naturals berhasil memikat konsumen Malaysia berkat formulasi unik yang menggabungkan bahan-bahan alami khas Indonesia seperti minyak nyamplung dan mentega tengkawang dengan teknologi modern.

Baca juga: ERHA luncurkan perawatan kulit khusus dermatitis eksim

Malaysia, dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan kesadaran masyarakat yang tinggi akan pentingnya perawatan kulit bayi, menjadi target pasar yang sangat potensial. Selain itu, kemiripan budaya dan regulasi halal antara kedua negara juga menjadi faktor pendukung.

Keberhasilan Cahaya Naturals tidak lepas dari dukungan pemerintah melalui program Jakarta Entrepreneur. Program ini telah memberikan fasilitas dan pelatihan yang sangat bermanfaat bagi UMKM lokal seperti Cahaya Naturals untuk dapat bersaing di pasar internasional.

Baca juga: "Skin barrier" solusi baru perawatan kesehatan kulit anak

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024