Jayapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua mengatakan bahwa pendistribusian logistik pemilihan kepala daerah (pilkada) selesai dilakukan pada awal November 2024.

Ketua KPU Papua Steve Dumbon di Jayapura, Kamis, mengatakan saat ini pihaknya telah merampungkan pengiriman logistik tahap pertama ke KPU kabupaten/kota setempat meliputi kotak suara, bilik suara, tinta, segel dan kabel ties.

"Ada beberapa KPU yang belum menerima logistik (tinta) secara lengkap dan yang sudah 100 persen itu yakni KPU Kabupaten Keerom, KPU Kabupaten Jayapura dan KPU Kota Jayapura, sementara yang lain masih proses pengiriman," katanya.

Menurut Dumbon, KPU RI telah menegosiasikan pengiriman tahap ketua logistik pilkada dengan pihak yang mencetak surat suara sehingga secepatnya semua logistik dapat dicetak dan dikirim.

"Jadi kami berharap awal November 2024 logistik sudah harus siap atau selesai minimal H-1 pemungutan suara semua logistik sudah berada di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujarnya.

Dia menjelaskan pihaknya berkeinginan supaya Pilkada serentak 2024 di Papua tidak terjadi keterlambatan pendistribusian logistik meskipun ada beberapa wilayah yang kesulitan dalam mendistribusikan logistik ke TPS karena faktor cuaca.

"Cuaca juga menghambat distribusi logistik karena di beberapa daerah seperti Kabupaten Supiori itu terkendala dengan gelombang laut yang tinggi begitu juga dengan Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya," katanya lagi.

Dia menambahkan pihak yang berharap para KPU di daerah bersama-sama dengan panitia pemilihan distrik, panitia pemungutan suara dan kelompok penyelenggaraan pemungutan suara dapat bersama-sama mengantisipasi sehingga distribusi logistik dapat berjalan lancar.

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024