Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa Presiden Ke-6 RI sekaligus Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada 20 Oktober mendatang.

Dia memastikan mantan presiden RI yang menjabat selama dua periode itu akan menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih bila kondisinya sehat.

"Oh, Insyaallah, Insyallah mudah-mudahan sehat dan bisa hadir," kata AHY di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis.

Hal itu disampaikannya saat ditemui awak media usai menghadiri acara peluncuran buku karya Wakil Ketua Komisi X periode 2019-2014 Dede Yusuf berjudul "Menegakkan Amanat Konstitusi Pendidikan" yang dihadiri sejumlah tokoh publik.

Sebelumnya, Rabu (9/10), Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan para presiden dan wakil presiden terdahulu, serta para tokoh bangsa dan sejumlah kepala negara dari negara sahabat bakal diundang dalam acara pelantikan presiden dan Wakil presiden terpilih.

Selain itu, para kandidat calon presiden dan calon wakil presiden, serta para pimpinan partai politik yang menjadi peserta dalam Pemilu 2024 pun turut diundang dalam pelantikan itu.

Dia mengatakan pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih itu bakal berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.

Dia menyebut proses pelantikan akan menggunakan tradisi-tradisi sebelumnya. Agendanya mulai dari pembukaan, pembacaan Surat Keputusan KPU, prosesi pelantikan, pembacaan berita acara, pidato presiden yang baru, dan penutup.

Sejauh ini, dia masih terus mengonfirmasi jumlah tamu kenegaraan yang akan hadir dalam agenda pelantikan presiden tersebut.

Dia pun meminta seluruh rakyat bangsa Indonesia agar acara pelantikan tersebut bisa berjalan lancar dan semuanya sesuai dengan rencana.

Baca juga: JK bakal hadiri pelantikan Prabowo-Gibran jika diundang

Baca juga: KSAD pastikan pelantikan presiden dan wakil presiden berjalan aman

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024