Namun yang terpenting sebagai daerah wisata dapat memberikan keamanan, ketertiban dengan memberikan pelayanan untuk mencegah minuman keras dan narkoba
Jakarta (ANTARA) - Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan mendorong Posyandu Bougenville di Pulau Lancang Kepulauan Seribu dapat menerapkan enam bidang pelayanan kepada warga.

“Kami menyambut baik Posyandu Bougenville di Pulau Lancang menjadi proyek contoh (pilot project) tentang penerapan enam bidang Standar Pelayanan Minimal (SPM),” kata Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Muhammad Fadjar Churniawan saat menghadiri menghadiri peluncuran pilot project posyandu pada enam bidang standar pelayanan minimal (SPM) di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Posyandu di Jakarta mulai terapkan standar pelayanan minimal

Ia mengatakan keenam standar pelayanan minimal itu adalah bidang pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum dan perumahan rakyat, ketentraman dan ketertiban (trantib), perlindungan masyarakat (linmas), dan bidang sosial.

Menurut dia Posyandu Bougenville Pulau Lancang baru dimulai sehingga perlu mendapatkan pembinaan, bimbingan, edukasi, dan supervisi sehingga para kadernya bisa terus berkembang dengan baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat maupun wisatawan.

Baca juga: Puskesmas Johar Baru luncurkan layanan pemeriksaan ibu hamil

Ia mengatakan para kader posyandu dan semua pihak diharapkan untuk terus memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas, dengan menghindari tindakan bullying (perundungan) dan penyimpangan moralitas terkait pelecehan seksual.

“Namun yang terpenting sebagai daerah wisata dapat memberikan keamanan, ketertiban dengan memberikan pelayanan untuk mencegah minuman keras dan narkoba," kata dia berharap.

Sementara itu, Pj Ketua TP PKK Provinsi DKI Jakarta, Mirdiyanti mengatakan tujuan kegiatan peluncuran pilot project dengan enam bidang SPM adalah untuk menjadikan posyandu sebagai wadah partisipasi masyarakat.

Baca juga: Jakpus raih penghargaan posyandu dan kader terbaik tingkat provinsi

“Selain itu posyandu juga sekaligus mitra kelurahan dalam perencanaan, pelaksanaan,dan pengawasan pembangunan serta meningkatkan pelayanan kelurahan,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024