Ankara (ANTARA) - Hadiah Nobel Sastra tahun ini dianugerahkan kepada penulis Korea Selatan Han Kang, demikian diumumkan Komite Nobel pada Kamis (10/10).

Sang penulis diakui atas "prosa puitisnya yang mengonfrontasikan trauma historis dan mengekspos kerentanan hidup manusia," menurut komite tersebut.

Han lahir pada tahun 1970 di Korea Selatan, dan ayahnya adalah seorang "penulis terkenal". Komite Nobel juga menyebut bahwa sang penulis memiliki ketertarikan pada seni dan musik.

Karir menulis Han dimulai pada 1993, dan namanya dikenal dunia setelah novelnya yang berjudul "The Vegetarian" terbit pertama kali pada 2007.

Novel tersebut, "menceritakan konsekuensi mengerikan yang dihadapi sang protagonis, Yeong-hye, usai menolak kebiasaan makan yang berlaku," demikian menurut komite itu.

Komite Nobel menyatakan bahwa "karya Han Kang memiliki ciri khas paparan ganda akan rasa sakit, sebuah hubungan antara siksaan jiwa dan raga dengan keterkaitan yang dekat terhadap pemikiran Timur".

Han memiliki kesadaran unik atas hubungan antara jasmani dan rohani serta antara yang hidup dan yang telah mati.

Melalui langgam puitis dan eksperimentalnya, Han telah menjadi pelopor dalam karya prosa kontemporer, demikian Komite Nobel.

Sumber: Anadolu

Baca juga: Nobel Fisika 2024 dianugerahkan kepada dua pelopor pengembangan AI
Baca juga: Tiga ilmuwan raih Nobel Kimia berkat temuan terkait protein
Baca juga: Hadiah Nobel Kedokteran 2024 dianugerahkan untuk dua penemu RNA-mikro
Baca juga: NU dan Muhammadiyah dianggap layak dapat hadiah Nobel

Penerjemah: Nabil Ihsan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024