Jakarta (ANTARA) - Presiden Laos Thongloun Sisoulith menyampaikan Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) perlu memperkuat kerja sama yang didasarkan pada prinsip “ASEAN Way” untuk mendorong ketahanan Komunitas ASEAN serta memperkuat persatuan, solidaritas dan sentralitas ASEAN.

Menurut keterangan tertulis dari situs ASEAN Lao PDR 2024, Kamis (10/10), Sisoulith mengatakan kerja sama berdasarkan prinsip “ASEAN Way” diperlukan karena lingkungan regional dan internasional tengah mengalami perubahan cepat dan kompleks yang menghadirkan tantangan baru.

Dia menyampaikan hal tersebut pada Upacara Pembukaan KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 dan KTT Terkait di Vientiane, Laos, 9 Oktober 2024.

“ASEAN harus terus menegakkan tujuan bersama untuk perdamaian, stabilitas, dan pembangunan berkelanjutan, serta komitmennya terhadap multilateralisme yang berlandaskan pada kesetaraan dan saling menguntungkan,” ujar Sisoulith.

Sisoulith kemudian mengatakan bahwa pencapaian ASEAN selama bertahun-tahun telah memberikan manfaat nyata bagi masyarakatnya, yang mencerminkan aspirasi, tujuan, persatuan, dan solidaritas bersama di tengah keberagaman.

Menurut Sisoulith, pencapaian tersebut menunjukkan bahwa kerja sama yang dipandu oleh “ASEAN Way” selaras dengan karakteristik unik Asia Tenggara dengan tujuan bersama untuk menjaga dan mempromosikan perdamaian, stabilitas, dan pembangunan sosial-ekonomi yang berkelanjutan di dalam dan di luar kawasan.

Selain itu, Sisoulith mengatakan bahwa dalam waktu dekat ASEAN akan mencakup seluruh negara Asia Tenggara dengan bergabungnya Timor Leste sebagai anggota penuh.

Dia melanjutkan bahwa dengan bergabungnya Timor Leste sebagai anggota penuh menegaskan kembali keberagaman dan potensi besar ASEAN sekaligus menciptakan peluang baru bagi ASEAN dan hubungan eksternalnya.

Laos menyelenggarakan rangkaian KTT ASEAN ke-44 dan ke-45 di Vientiane, Laos, pada 6-11 Oktober 2024.

Tema yang diambil Laos selama memimpin Keketuaan ASEAN 2024 adalah “ASEAN: Meningkatkan Konektivitas dan Ketahanan”.

Baca juga: Laos: ASEAN harus perkuat kerja sama atasi tantangan secara efektif
Baca juga: Wapres tekankan stabilitas dibutuhkan agar kapal ASEAN terus berlayar
Baca juga: Menlu RI: Peran ASEAN terus dorong dialog dalam penyelesaian masalah


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024