Jumlah AKD di DPR bakal menyesuaikan dengan nomenklatur kementerian pada pemerintahan mendatang.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua DPR RI Adies Kadir mengatakan bahwa alat kelengkapan dewan (AKD) yang terdiri atas komisi-komisi dan badan-badan di DPR RI akan terbentuk pada rapat paripurna, Selasa (15/10).

"Mudah-mudahan ini kalau di sana finalisasi, insyaallah Selasa sudah bisa," kata Adies di kompleks parlemen, Jakarta, Kamis.

Namun, dia belum menyebutkan jumlah AKD atau komisi yang akan terbentuk di DPR. Dalam hal ini, pihaknya masih menunggu finalisasi terkait dengan nomenklatur kementerian untuk pemerintahan Prabowo Subianto mendatang.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengaku bakal mengumumkan AKD atau komisi-komisi di DPR pada hari Senin (14/10).

Pada pekan ini, dia mengatakan bahwa finalisasi terkait dengan jumlah AKD tersebut masih dalam proses.

"Mudah-mudahan pada hari Kamis atau ini hari apa? Besok sudah selesai," katanya.

 Dasco mengemukakan bahwa sebagian nomenklatur kementerian juga bakal sudah diketahui ketika finalisasi AKD atau komisi-komisi di DPR sudah tuntas. Hal ini mengingat jumlah AKD di DPR bakal menyesuaikan dengan nomenklatur kementerian pada pemerintahan mendatang.

Sebelumnya, pimpinan DPR RI telah sepakat menambah AKD untuk menyesuaikan dengan pos-pos kementerian pemerintahan mendatang menjadi 13 komisi dan adanya badan baru yang akan dibentuk.

Pembentukan AKD baru di DPR RI itu dimaksudkan agar kerja-kerja menjadi lebih efektif, menyusul adanya rencana penambahan pos kementerian pada pemerintahan mendatang.

DPR RI pun berencana mengumumkan jumlah komisi dan badan di DPR RI pada tanggal 14 Oktober sebelum pelantikan calon presiden dan wakil presiden terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI pada tanggal 20 Oktober 2024.

Baca juga: Dasco sebut nomenklatur kementerian kabinet Prabowo diketahui besok
Baca juga: Sekjen Demokrat sebut AHY konsultasi ke SBY untuk pilih calon menteri


Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024