Jadi saya bangga dan senang juga dan saya masih mempunyai hubungan baik dengan mereka. Awalanya saya melihat mereka bermain di Barca B dan saya membawa mereka ke tim utama
Salvador (ANTARA News) - Louis van Gaal mengatakan Xavi dan Iniesta harus berterima kasih kepadanya karena telah membuka karir mereka.

Pelatih Belanda ini pernah melatih Barcelona di dua periode terpisah yakni hingga tahun 2000 dan antara 2002-2003. Selama kepemimpinanya, Louis van Gaal lah yang mengenalkan duo gelandang Barcelona dari skuat muda ke tim utama.

Xavi dan Iniesta merupakan dua sosok penting pada Euro 2008, piala dunia 2010, dan Euro 2012 dan menjadi pemain yang menonjol di skuat La Roja. Van Gaal berkata Spanyol seharusnya berterima kasih karena pelatih 62 tahun turut andil dalam kesuksesan mereka.

"Saya mempunyai kenangan indah dengan mereka," kata van Gaal seperti dilansir di Goal.com. "Dan yang paling utama mereka pemain yang baik. Mereka tidak pernah melupakan saya dan masih berhubungan dengan saya."

"Mereka mengembangkan diri mereka sendiri dengan fantastik sejak kami bekerja sama dan pemain ini -Iniesta, Xavi dan yang lainnya- sudah sejak lama menjadi bagian dari kesuksesan Barcelona."

"Jadi saya bangga dan senang juga dan saya masih mempunyai hubungan baik dengan mereka. Awalanya saya melihat mereka bermain di Barca B dan saya membawa mereka ke tim utama."

Louis van Gaal juga menambahkan, "Ini juga seperti Victor Valdes dan Pepe Reina. Mereka berkembang menjadi penjaga gawang top. Tetapi saya juga yang membawa Xavi, Iniesta, Carles Puyol, dan jangan lupa Thiago Motta yang saat ini bermain bersama tim nasional Italia."

"Mereka semua bermain di tim muda Barcelona, saya mengambil mereka dan mereka berkembang dengan cepat sampai ke level yang tinggi."

Van Gaal yang mengaku perasaannya bertentangan ketika Spanyol menghadapi Belanda di piala dunia empat tahun lalu karena banyak pemain asuhan Vicente del Bosque yang pernah dilatihnya. Namun, dia mengaku puas melihat kemenangan La Roja di babak tambahan waktu.

"Saya menjadi pelatih Belanda, terapi ada lima pemain di tim Spanyol yang pernah saya latih. Di skuat Belanda hanya ada Arjen Robben dan Mark van Bommel," kata pelatih Manchester United ini.

"Jadi mungkin saya harus mendukung timnas Spanyol, meski kewarganegaraanmu Belanda, tetapi akhirnya itu menyadarkanmu. Tetapi ketika Spanyol menang saya tetap bangga."

Belanda akan menghadapi Spanyol di Salvador pada Sabtu dini hari WIB sebelum melawan Australia pada 18 Juni dan Chile pada 23 Juni di Grup B.(*)

Penerjemah: Okta Antikasari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014