Jakarta (ANTARA) - Penulis kenamaan Mark Twain pernah berujar "carilah profesi yang kamu gemari, dan kamu tak akan bekerja sehari pun sepanjang hidup."  Kutipan itu kerap menjadi pegangan bagi banyak orang untuk menentukan pekerjaan yang bakal digeluti.

Pasalnya sebagian orang menganggap bekerja sebagai sesuatu yang membosankan, melelahkan dan bahkan terasa sangat berat setiap harinya.

Namun, beberapa orang berhasil menemukan profesi yang benar-benar membuat mereka bahagia, di mana pekerjaan itu tidak terasa seperti beban melainkan pengalaman yang menyenangkan.

Webometrics telah merilis hasil survei tentang beberapa pekerjaan yang dianggap paling menyenangkan di dunia. Survei ini didasarkan pada berbagai faktor, termasuk aspek yang menyenangkan dan penuh petualangan, kreativitas, keunikan, serta pengalaman mendebarkan dan inovatif yang membuat pekerjaan tersebut terasa lebih menyenangkan bagi banyak orang.

Berikut adalah beberapa profesi yang paling menyenangkan berdasarkan survei tersebut:

1. Travel blogger

Pekerjaan ini memungkinkan seseorang untuk jalan-jalan ke berbagai tempat seru sambil berbagi pengalaman dengan orang lain. Profesi ini dinilai sebagai pekerjaan yang sangat menyenangkan.

2. Instruktur tari

Mengajar tari tidak hanya membuat tubuh aktif, tapi juga memungkinkan seseorang untuk mengekspresikan diri secara kreatif dan berinteraksi dengan banyak orang.

3. Penyelenggara festival musik

Menurut survei tersebut seseorang yang bisa terlibat dalam banyak aktivitas kreatif dan dinamis sambil bekerja di lingkungan yang penuh dengan energi positif bisa meningkatkan kepuasan dalam bekerja.

Baca juga: Daftar 10 pekerjaan dengan gaji tertinggi di dunia
Baca juga: Apa itu pendidikan profesi perawat? Berapa gajinya di Indonesia?


4. Event planner

Merencanakan acara memberi kesempatan untuk berkreasi dan menghadirkan momen yang diingat banyak orang. Seseorang yang memiliki profesi sebagai event planner bisa merasakan tantangan baru setiap melakukan pekerjaannya dan hal itu bisa memberikan rasa kepuasan atas pencapaian yang telah diraih.

5. Software developer

Mengembangkan perangkat lunak memberikan kepuasan tersendiri saat berhasil menyelesaikan masalah yang rumit. Pekerjaan ini menggabungkan kreativitas dan logika, yang membuat profesi ini jadi lebih menantang terasa sangat menyenangkan ketika berhasil menyelesaikannya.

6. Fotografer profesional Sebagai seorang fotografer, seseorang memiliki kesempatan untuk terus menangkap momen-momen tak terlupakan sambil menghasilkan penghasilan dari karya-karyanya. Profesi ini memberikan kebebasan untuk mengekspresikan kreativitas. Itulah mengapa profesi ini dianggap sebagai salah satu pekerjaan yang paling menyenangkan.

7. Makeup artist

Seseorang yang memiliki profesi sebagai makeup artist bisa mengekspresikan kreativitas lewat wajah-wajah klienmu. Setiap hari adalah kesempatan baru untuk berkreasi dan membuat orang merasa lebih percaya diri.

8. Fashion stylist

Seorang fashion stylist bisa bebas berekspresi sambil membantu orang-orag untuk tampil dengan baik, perasaan ketika rancangannya disukai banyak orang juga bisa emnimbulkan rasa bahagia.

9. Kritikus makanan

Sebagai kritikus makanan, seseorang berkesempatan mencicipi berbagai hidangan dari restoran terbaik dan dibayar untuk memberikan pendapatnya.

10. Astronot

Berkarier sebagai astronot adalah mimpi banyak orang. Petualangan luar angkasa dan pengalaman langka yang hanya bisa dinikmati segelintir orang membuat profesi ini begitu spesial.

Baca juga: Softskill, mengapa penting dimiliki setiap orang?
Baca juga: Standar gaji dokter umum dan berbagai jenis spesialis di Indonesia

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024