Ternate (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) menggelar doa bersama dan silaturahim dengan menggandeng pemimpin lintas etnis untuk bersama-sama untuk menciptakan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang aman dan damai.

"Kegiatan ini memiliki makna penting dalam menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif selama tahapan Pilkada serentak 2024 di wilayah Malut. Untuk itu, kita perlu mengambil langkah-langkah koordinasi dan konsolidasi guna menciptakan Pilkada yang damai dan berbahagia," kata Kapolda Malut Irjen Pol Midi Siswoko di Ternate, Kamis.

Baca juga: Polda Malut edukasi dengan kunjungi warga hadapi Pilkada 2024

Kapolda menyampaikan bahwa keterlibatan seluruh elemen masyarakat mulai dari pemerintah daerah, TNI-Polri, tokoh agama, dan tokoh masyarakat adalah kunci meredam potensi konflik dan menciptakan situasi yang kondusif

"Solidaritas sosial dan kerja sama yang kuat antara masyarakat dan pemerintah adalah fondasi keberhasilan Pilkada serentak 2024 yang damai dan indah, jauh dari segala bentuk perpecahan antar-anak bangsa," ujarnya.

Kapolda mengajak seluruh pemangku kepentingan dan elemen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pilkada serentak 2024 di Malut dengan aman dan damai, sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang benar-benar mampu membawa Malut ke arah yang lebih baik.

Baca juga: Sekprov: Mendagri ke Ternate pantau kesiapan pilkada serentak di Malut

Baca juga: Pemprov Malut: Pengukuhan lima Pjs bupati/wali kota sesuai mekanisme


Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolda Maluku Utara Irjen Pol Midi Siswoko, Pj Gubernur Malut Samsuddin Abdul Kadir, Wakapolda Malut Brigjen Pol Stephen, Kabinda Malut, Danlanal Ternate, yang mewakili Danrem 152/Babullah, yang mewakili Danlanud Leo Watimena Morotai, Kakanwil Malut, yang mewakili KA BNNP Malut, Ketua KPU dan Bawaslu Malut, para sultan di Malut, Pejabat Utama Polda Malut, para Ketua LSM/OKP se - Malut dan Ketua Etnis/Ormas se-Malut.

Sementara itu, Pj Gubernur Malut Samsuddin Abdul Kadir berharap agar tokoh agama melalui Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berkomitmen bersama-sama Polda Malut untuk menjaga kondisi daerah itu agar kondusif, terutama dalam momentum pelaksanaan tahapan kampanye Pilkada serentak.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024