Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan apresiasi kepada 54 perusahaan yang telah berkontribusi secara signifikan dalam mendukung pencapaian kinerja BUMN di sepanjang tahun 2024 melalui Mitra BUMN Champion 2024.

“Kami memberi apresiasi pada mitra BUMN Champion agar kolaborasi dan sinergi antara BUMN dengan seluruh mitranya makin baik dan produktif ke depan,” kata Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo di Jakarta, Kamis.

Program Mitra BUMN Champion 2024 menekankan pentingnya kolaborasi yang sehat dan berkelanjutan dalam menciptakan ekosistem usaha yang lebih kuat dan responsif terhadap tantangan global maupun nasional.

Pria yang akrab disapa Tiko itu menekankan BUMN adalah ekosistem yang terbuka untuk bekerja sama, bersinergi, dan berinvestasi dengan berbagai pihak, termasuk swasta.

Terdapat 303 mitra yang diusulkan 12 klaster BUMN untuk menjadi Mitra BUMN Champion 2024. Kemudian, Kementerian BUMN memilih 54 mitra yang setelah melalui proses seleksi, yang terdiri dari 12 mitra sebagai kreditur/investor, 12 mitra sebagai distributor/broker, 14 mitra sebagai pemasok/vendor, dan 16 mitra sebagai customer/buyer.

Berdasarkan skala usaha, terdapat tiga kelompok utama, yaitu anak perusahaan atau afiliasi BUMN, perusahaan swasta besar, serta mitra dari Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (KUMKM).

Kategori pemenang dibagi menjadi dua berdasarkan cakupan usaha, yaitu mitra nasional yang beroperasi terutama di dalam negeri dan mitra global yang mencakup pasar luar negeri.

Untuk mitra nasional kategori kreditur/investor dari kelas usaha BUMN, pemenangnya adalah PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sementara dari kelas usaha swasta besar pemenangnya PT Bank Central Asia Tbk, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk, dan Indonesia Infrastructure Finance (IIF).

Untuk kategori pemasok/vendor dari BUMN pemenangnya PT Pertamina Patra Niaga, PT PGAS Solution, dan PT Telkom Satelit Indonesia. Kemudian dari swasta yaitu PT Mitra Integrasi Informatika, PT Waruna Nusasentana, dan PT Weha Agro Sejahtera. Selanjutnya dari kelas usaha KUMKM yaitu PT Wisesa Niaga Tama, PT Ballast Graha, dan PT Huda Rachma Grupindo.

Dari kategori broker/distributor kelas BUMN, pemenangnya PT Semen Indonesia Distributor, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Dari swasta yaitu PT Trinusa Travelindo (Traveloka), PT Subur Buana Raya, dan PT Jaya Gas Indonesia. Sementara dari KUKM yaitu Agen Pegadaian – Wanna Ria Ginting, PUSKUD JATIM, dan BNI Agen 46 – Siti Mas Amah.

Untuk kategori customer/buyer kelas BUMN, pemenangnya PT Perusahaan Listrik Negara (Persero), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Pertamina (Persero). Dari kelas swasta yaitu PT Lion Mentari Airlines, PT Pasific Indopalm Industries, dan PT Goautama Sinarbatuah. Kemudian dari KUKM yaitu PT Bali Coklat, CV Tirta Utama Putra, dan CV Salsabila.

Adapun untuk mitra global, pemenang kategori kreditur/investor dari kelas usaha BUMN/afiliasi/MDB/bilateral lender yaitu Asian Development Bank (ADB), Kreditanstalt Fur Wiederaufbau (KfW), dan Japan International Cooperation Agency (JICA). Dari swasta di antaranya Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) Bank Ltd, Credit Agricole Corporate and Investment Bank, dan PT Bank Maybank Indonesia Tbk.

Untuk kategori pemasok/vendor dari BUMN, pemenangnya yaitu PT Telekomunikasi Indonesia International dan MIND ID Trading Pte Ltd. Dari swasta yaitu Thales Group, Fertilife FZE, dan Kepco E&C Co. Inc.

Dari kategori broker/distributor kelas swasta, pemenangnya adalah Bionet Asia Co Ltd, Chemflow Global, dan PT Birotika Semesta (DHL Supply Chain Indonesia).

Pemenang kategori customer/buyer kelas BUMN yaitu MIND ID Trading Pte Ltd, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), dan PT Freeport Indonesia. Dari swasta yaitu Century Commodities Solution Pte. Ltd, Mitsui & Co Ltd, dan Edge Network Services Limited. Kemudian dari KUMKM pemenangnya PT Kawa Guti.

Baca juga: Kementerian BUMN apresiasi 49 mitra berkinerja terbaik sepanjang 2022
Baca juga: Kementerian BUMN koordinir BUMN untuk dukung pengembangan UMKM
Baca juga: Kementerian BUMN luncurkan Learning Festival 2024 pacu budaya belajar

 

Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024