Mataram (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Nusa Tenggara Barat(NTB) menjadwalkan debat kandidat calon gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan sebanyak tiga kali.

"Kami sudah menyepakati bahwa debat dilaksanakan tiga kali. Dan jadwal sudah kita tetapkan," kata Ketua KPU Provinsi NTB Muhammad Khuwailid didampingi Komisioner KPU Provinsi NTB Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Parmas dan SDM, Agus Hilman dan Sekretaris KPU NTB Mars Ansori Wijaya di Mataram, Kamis.

Untuk debat pertama, sebut Khuwailid, dilaksanakan pada 23 Oktober 2024, debat kedua pada 8 Nopember 2024 dan debat ketiga dilaksanakan pada 20 Nopember 2024.

"Untuk lokasi debat kita laksanakan di salah satu tempat di Kota Mataram," ujarnya.

Khuwailid mengatakan debat kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur NTB nantinya disiarkan langsung oleh TV Nasional.

"Debat kita gelar dengan kerja sama dengan TV nasional. Mudah-mudahan seluruh proses akan segera terselesaikan," terang Khuwailid.

Sementara, berkaitan dengan desain dan tema debat seperti apa, lanjut Khuwailid, masih dalam perumusan tim debat.

Untuk diketahui KPU NTB telah menetapkan bahwa pilkada NTB diikuti tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Mereka itu yakni, pasangan calon nomor urut 1, Sitti Rohmi Djalilah-W Musyafirin yang diusung empat partai politik, yakni PKB, Perindo, PDI Perjuangan dan Partai Ummat.

Selanjutnya pasangan calon nomor urut 2 Zulkieflimansyah-Moh Suhaili FT (Zul-Uhel) yang diusung tiga partai politik, yakni Partai NasDem, PKS dan Demokrat.

Pasangan nomor urut 3, pasangan Lalu Muhamad Iqbal-Indah Dhamayanti Putri yang diusung 10 partai politik, yakni PAN, Partai Gerindra, Golkar, PPP, PBB, Partai Hanura, Partai Gelora, Partai Garuda, dan PSI.
Baca juga: Pilkada NTB 2024 diikuti tiga pasangan calon
Baca juga: KPU NTB minta tanggapan publik soal visi misi cagub
Baca juga: KPU umumkan tiga cagub/cawagub NTB memenuhi syarat

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024