Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia akan berjumpa dengan Bahrain pada pertandingan ketiga Grup C babak kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran ketiga di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis pukul 23.00 WIB.

Menjelang pertandingan ini, Indonesia tercatat belum pernah terkalahkan dengan menorehkan dua hasil imbang kontra Arab Saudi dan Australia.

Sementara itu, Bahrain juga memiliki penampilan cukup baik setelah mampu mendapatkan tiga poin kontra Australia, namun dibantai oleh Jepang setelahnya.

Kini Indonesia yang menempati peringkat empat dengan dua poin klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026, hanya terpaut satu poin dari Bahrain di posisi ketiga.

Menghapus memori kelam

Jelang pertandingan kontra Bahrain, Indonesia tercatat memiliki memori kelam ketika bermain menghadapi tuan rumah di stadion ini.

Skuad Garuda tercatat pernah takluk dari Bahrain dengan skor telak 0-10 pada babak kualifikasi Piala Dunia 2014 di Stadion Nasional Bahrain, Riffa pada 29 Februari 2012.

Sebagai catatan, ketika pertandingan tersebut terjadi, Timnas Indonesia tidak diperkuat kekuatan terbaiknya karena terjadinya dualisme federasi di tanah air.

Selain itu, selama berlaga di kandang Bahrain, Indonesia tercatat selalu gagal mendapatkan kemenangan dan kali ini merupakan kesempatan Merah Putih untuk memperbaiki catatan tersebut.

Kekalahan telak hampir 12 tahun lalu tentu masih melekat di ingatan sebagian pecinta sepak bola dalam negeri, namun pelatih Shin Tae-yong menegaskan jika mereka akan fokus ke permainan dibanding pertemuan terakhir kedua negara.

"Mengenai hasil terakhir yakni kekalahan 0-10 di stadion yang sama ini, saya baru tahu fakta itu kemarin. Dan masa lalu ada masa lalu, masa kini adalah masa kini dan hasil besok tidak ada yang tahu akan seperti apa," jelas Shin.
Pemain Indonesia Justin Hubner (kanan) berlari membawa bola melewati Nestory Irankunda dari Australia pada pertandingan sepak bola Kualifikasi Asia Piala Dunia FIFA 2026 antara Indonesia dan Australia di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta pada 10 September 2024. (ANTARA/AFP/Bay Ismoyo)
Baca juga: STY tak ingin Indonesia terbebani memori kekalahan 0-10 dari Bahrain

Secara keseluruhan, Bahrain dan Indonesia sudah tujuh kali bertemu sepanjang sejarah di mana Garuda mampu mengamankan dua kemenangan, dua hasil imbang dan menelan tiga kekalahan.

Berikut lima pertemuan terakhir Indonesia vs Bahrain:

(19/6/1988) Indonesia 0 - 0 Bahrain (Kualifikasi Piala Asia 1988)

(25/7/2004) Bahrain 3 - 1 Indonesia (Piala Asia 2004)

(10/7/2007) Indonesia 2 - 1 Bahrain (Piala Asia 2007)

(6/9/2011) Indonesia 0 - 2 Bahrain (Kualifikasi Piala Dunia 2014)

(29/2/2012) Bahrain 10 - 0 Indonesia (Kualifikasi Piala Dunia 2014).

Baca juga: Manajer timnas Indonesia berharap teror suporter Bahrain tak terulang

Selanjutnya: Tambahan kekuatan

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024