LPEI telah melahirkan lebih dari 900 eksportir baru dengan komoditas unggulan seperti makanan minuman, home decor, dan fesyen
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank menghadirkan para pelaku usaha binaan dalam gelaran Trade Expo Indonesia 2024.

Kepala Divisi SME & Advisory Services LPEI Maria Sidabutar mengatakan sejumlah pelaku ekspor binaan LPEI termasuk 11 dari UKM, debitur dan desa devisa yang mengedepankan prinsip pemberdayaan perempuan, berorientasi lingkungan dan berkelanjutan berpartisipasi dalam pameran dagang berskala internasional itu.

“Pelaku usaha berorientasi ekspor dapat memanfaatkan ekosistem ekspor yang disediakan oleh LPEI melalui produk dan jasanya. Selain itu, dalam booth KemenkeuSatu, pengunjung dapat berkonsultasi langsung mengenai berbagai kendala ekspor dengan petugas Bea Cukai dan Lembaga National Single Window (LNSW) yang hadir,” kata Maria di Jakarta, Kamis.

Maria menambahkan LPEI secara konkrit mendukung upaya pemerintah dalam mendorong ekspor nasional, termasuk berperan aktif mendukung capaian pemerintah melalui program jasa konsultasi.

"Sejak 2020 hingga Juni 2024, LPEI telah melahirkan lebih dari 900 eksportir baru dengan komoditas unggulan seperti makanan minuman, home decor, dan fesyen," jelasnya.

Adapun 11 pelaku usaha yang dihadirkan LPEI adalah Hugo Inovasi, Sumber Banyu Biru, Nusantara Segar Global (Java Fresh), Haldin Pacific Semesta, Kelompok Tani Mulyo, PT Karya Nusa Raya, dan CV Kurnia Abadi.

Kemudian, Sabila Multi Kreasindo, Kaula Food Indonesia, Lili Trisada Group, dan Temon Argo Lestari.

Sebagai special mission vehicle (SMV) dari Kementerian Keuangan, LPEI turut berpartisipasi dalam Trade Expo Indonesia ke-39 yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 9-12 Oktober 2024.

Bersama dengan Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Bea & Cukai, dan Lembaga National Single Window (LNSW), LPEI bersinergi dalam booth KemenkeuSatu untuk mendukung perluasan akses pasar bagi pelaku ekspor agar produknya mampu bersaing di pasar global.

Baca juga: LPEI menggandeng UK Export Finance ciptakan peluang bisnis baru
Baca juga: LPEI buka potensi tiga komoditas Desa Devisa di wilayah Sumatra
Baca juga: LPEI: Produk lidi RI jadi sumber devisa dengan manfaatkan limbah sawit

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024