Atas prestasinya, Yudi akan diundang ke istana negara pada upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober 2024 untuk menerima penghargaan dan tropi
Palembang (ANTARA) - Seorang pemuda, warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, Yudi Pramata menciptakan sebuah inovasi yaitu kapal pembersih sungai dan berhasil merebut juara ketiga Pemuda Pelopor Nasional tahun 2024.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga OKI M Amin di Kayu Agung, ibu kota Kabupaten OKI, Kamis, membenarkan hal tersebut bahwa Yudi Pramata sosok inspiratif asal Kecamatan Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI).

Ia menyebutkan Yudi berhasil merebut juara ketiga pada ajang Pemuda Pelopor tingkat nasional tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada 7-9 Oktober 2024.

Baca juga: Kemenpora verifikasi wakil HSS pada ajang pemuda pelopor nasional 2024
Baca juga: Dua pemuda berprestasi raih Frans Seda Award


"Sebelum dinobatkan sebagai terbaik tiga nasional, Yudi telah melalui berbagai penjurian di tingkat daerah hingga akhirnya mewakili Sumatera Selatan di ajang bergengsi tersebut," katanya.

Ia menerangkan terdapat lima bidang kepeloporan yang dilombakan tahun ini antara lain, bidang pendidikan, seni budaya, sumber daya alam , pangan dan inovasi teknologi.

Sementara Yudi mewakili Sumsel di bidang inovasi teknologi berupa kapal pembersih sungai yang mampu mengangkut ratusan kilogram sampah selama dioperasikan delapan jam serta pesawat aeromodeling yang pernah membantu pemadaman kebakaran lahan pada 2021.

Atas prestasinya, Yudi akan diundang ke istana negara pada upacara Sumpah Pemuda 28 Oktober 2024 untuk menerima penghargaan dan tropi.
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024