Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik pada hari Kamis (9/10) yang menjadi sorotan, mulai dari DPR RI akan membentuk Badan Aspirasi sebagai alat kelengkapan dewan yang akan menjadi wadah bagi DPR dalam menampung aspirasi rakyat hingga daya beli masyarakat tidak mengalami penurunan.

Berikut rangkuman berita politik yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud diundang ke pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan bahwa rapat Pimpinan MPR RI telah menyetujui agar kandidat Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, diundang guna menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Dia mengatakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih itu bakal berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.

"Pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh termasuk akan dihadiri selain Presiden dan Wakil Presiden terpilih, juga kami akan undang kandidat Presiden, kandidat Wakil Presiden," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

2. DPR RI berencana bentuk Badan Aspirasi sebagai alat kelengkapan dewan

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat RI Cucun Ahmad Syamsurijal mengatakan bahwa lembaganya berencana membentuk Badan Aspirasi sebagai alat kelengkapan dewan yang akan menjadi wadah bagi DPR dalam menampung aspirasi rakyat.

"DPR ini kan memang rumah rakyat, jadi Badan Aspirasi ini untuk menampung aspirasi rakyat. Suara rakyat harus didengar, kami akan ada satu badan yang menangani aspirasi rakyat nanti," kata Cucun dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

3. Wapres paparkan capaian ASEAN soal AOIP hingga keanggotaan Timor Leste

Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin memaparkan berbagai capaian signifikan ASEAN dalam KTT Ke-44 dan Ke-45 ASEAN mulai dari diadopsinya inisiasi ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) hingga keanggotaan Timor Leste.

Hal itu disampaikan Wapres Ma'ruf Amin yang mewakili Presiden Joko Widodo untuk memimpin delegasi Republik Indonesia dalam pertemuan tingkat tinggi yang diselenggarakan pada 9-11 Oktober 2024 di Vientiane, Laos tersebut.

"Setidaknya ada tiga tonggak capaian penting bagi penguatan peran ASEAN dalam satu dekade terakhir. Pertama, diadopsinya AOIP atau Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik sebagai panduan strategis kerja sama di kawasan yang semakin mengokohkan sentralitas ASEAN," kata Wapres Ma'ruf Amin pada Plenary Session KTT Ke-44 dan Ke-45 ASEAN di Vientiane, Laos, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

4. Presiden terima ormas Pujakesuma di Istana Kepresidenan Jakarta

Presiden Joko Widodo menerima organisasi kemasyarakatan (ormas) atau paguyuban Putra Jawa Kelahiran Sumatera (Pujakesuma) di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu.

Ketua Umum Pujakesuma Eko Sopianto mengatakan dalam pertemuan itu pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Presiden Jokowi di akhir masa jabatan.

"Pertemuan kami dengan Pak Presiden pada hari ini merupakan pertemuan yang sudah sering kami lakukan. Pada masa mau berakhirnya beliau, kami sebagai warga Pujakesuma mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya kepada Pak Presiden Jokowi," kata Eko di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

5. Mendagri tegaskan daya beli masyarakat Indonesia tidak turun

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menegaskan saat ini ekonomi Indonesia berada dalam kondisi yang sangat baik.

Hal ini dapat dilihat dari inflasi yang terjaga secara year on year pada September sebesar 1,84 persen. Dirinya juga menegaskan secara umum daya beli masyarakat tidak mengalami penurunan.

"Inflasi sebesar 1,84 adalah inflasi yang bagus terendah, dan saya sampaikan daya beli masyarakat tidak menurun tapi meningkat," kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024