Jakarta (ANTARA) - Bek tim nasional Indonesia Calvin Verdonk merasa tidak ada masalah dengan fakta bahwa timnas baru berkumpul sebentar sebelum menghadapi Bahrain pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, pada Kamis.

  Sebagian pemain timnas yang berkompetisi di Indonesia telah tiba di Bahrain pada Minggu (6/10). Sedangkan pemain-pemain timnas yang merumput di Eropa dan AS menyusul secara bertahap, sebelum akhirnya skuat terkumpul lengkap pada Rabu (9/10).

  “Ya (kami baru berkumpul bersama sebentar), tapi menurut saya sebelumnya kami telah bertemu satu sama lain, pada laga terakhir kami juga telah saling bertemu. Hanya ada dua pemain baru sekarang, yakni Mees (Hilgers) dan Eliano (Reijnders), maka menurut saya kami sudah saling tahu kualitas satu sama lain dan kami menjalani sesi latihan yang bagus, dan lihat saja apa yang akan terjadi besok,” kata Verdonk pada jumpa pers pra pertandingan di Stadion Nasional Bahrain, Riffai, seperti dikutip dari rekaman audio yang diterima pewarta.

  Dalam kesempatan itu, Verdonk juga menilai bahwa timnya harus bermain dengan compact dan agresif, jika ingin membawa pulang hasil bagus dari lawatan ke Bahrain.


Baca juga: Shin Tae-yong pastikan Maarten Paes akan bermain saat lawan Bahrain Bahrain saat ini unggul satu poin dan satu posisi atas Indonesia di klasemen sementara Grup C kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Secara matematis, Indonesia masih berpeluang menyalip Bahrain di klasemen sementara.

  Sejauh ini Verdonk memiliki catatan apik di timnas dengan tidak terkalahkan dalam tiga laga yang ia mainkan, yakni menang 2-0 atas Filipina, imbang 1-1 dengan Arab Saudi, dan imbang 0-0 dengan Australia.

  Meski demikian, Verdonk tidak beranggapan bahwa dirinya adalah satu-satunya penyebab catatan bagus itu tercipta.

  “Menurut saya bukan karena saya, sehingga kami tidak kalah pada kedua pertandingan itu. Menurut saya, sepak bola negara ini bertumbuh dan kami punya tim yang sangat bagus dengan banyak kualitas. Menurut saya itulah alasan kami tidak kalah pada dua laga terakhir,” ujar Verdonk.

  Setelah pertandingan kontra Bahrain, Indonesia akan dijamu China pada 15 Oktober, pada pertandingan keempat Grup C.

  Hanya dua tim teratas di klasemen grup yang lolos otomatis ke putaran final Piala Dunia. Tim-tim peringkat ketiga dan keempat akan mengikuti putaran keempat, sedangkan tim-tim peringkat kelima dan keenam akan tersingkir.

Baca juga: Mees Hilgers berharap mendapatkan debutnya melawan Bahrain

Baca juga: Jay Idzes minta dukungan penuh suporter saat lawan Bahrain dan China


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024