Jakarta (ANTARA) - Calon Gubernur DKI Jakarta Nomor Urut 2 Dharma Pongrekun akan membangun kampung wisata jika terpilih untuk meningkatkan ekonomi warga setempat.

"Kampung wisata merupakan satu program yang akan menampung warga yang tidak memiliki pekerjaan dan para ibu rumah tangga," kata Dharma Pongrekun saat kampanye di
Tanah Merah, Kelapa Gading, Jakarta Utara pada Rabu. 

Ia mengatakan, warga dan ibu rumah tangga akan dibekali pendidikan untuk meningkatkan kreativitas seperti kerajinan berupa tas, sepatu dan lainnya sehingga wilayah mereka akan menjadi sentra UMKM yang menarik minat pengunjung atau wisatawan

Dalam kampanye tersebut, dia berdialog dan menyerap aspirasi warga yang ditemui di lokasi tersebut. "Kami akan siapkan tim ekonomi adab untuk membimbing dari mulai nol sampai jadi," kata dia.

Ia mengatakan, warga juga akan didampingi para ahli dari jenis produk yang mereka kerjakan. Misalnya jadi kampung pembuat sepatu atau kampung pembuat tas.

"Kami akan bantu pemasaran produk dari kampung wisata, bukan hanya di Jakarta saja tapi menjangkau seluruh Indonesia bahkan luar negeri," kata dia.

Baca juga: Lewat Kartu Jakartaku Aman, Dharma janji integrasikan kebutuhan warga
Baca juga: Dharma janji hapus PBB bagi ASN dan karyawan swasta di Jakarta


Selain itu di setiap kampung akan ada Balai Gotong-Royong yang akan menjadi "workshop" yang akan ditempatkan di setiap Kelurahan.

"Balai ini untuk saling membagi ilmu, dan akan ada bimbingan-bimbingan yang perlu dan mungkin kita bisa gunakan RPTRA, bisa digunakan menjadi tempat 24 jam," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan nomor urut calon gubernur dan wakil gubernur (Cagub-Cawagub) di Pilkada DKI Jakarta 2024.

Yaitu pasangan Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3.
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024