Jakarta (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) III TNI AL menyiapkan 99 tamtama remaja untuk menjadi pengawak KRI dan pasukan pertahanan pangkalan (pendirat) dalam program magang (OJT) yang dibuka di Markas Komando Koarmada III, Sorong, Papua Barat Daya, Rabu.

Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Hersan, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Komandan Komando Latihan (Dankolat) Koarmada III Kolonel Laut (P) Ahmad Muharam saat pembukaan program OJT, menjelaskan pemagangan itu merupakan tahapan yang wajib dilewati oleh para prajurit remaja sebelum mendapatkan penugasan sebagai pengawak KRI ataupun pendirat.

“Latihan ini akan memberi gambaran tentang tugas-tugas yang akan dikerjakan secara langsung dan utuh, beserta dinamika dan lika-liku yang ada dalam setiap pelaksanaannya, sehingga hal tersebut akan meningkatkan semangat dan mental kejuangan serta sikap pantang menyerah dari seluruh prajurit,” kata Pangkoarmada III dalam siaran resmi Dinas Penerangan Koarmada III yang dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kopaska Koarmada III latihan selam tempur asah kemampuan infiltrasi

Hersan melanjutkan para prajurit remaja itu nantinya diharapkan siap dan mampu mengatasi setiap hambatan dan tantangan di berbagai medan tugas.

Sebanyak 99 prajurit tamtama merampungkan pendidikan di Satuan Pendidikan (Satdik) Satdik 3 Sorong Angkatan XLIV Tahun Anggaran 2024. Seluruh prajurit itu telah resmi diterima oleh Komandan Detasemen Markas (Dandenma) Koarmada III Kolonel Marinir Endrawan Rahmania dalam upacara penerimaan sekaligus tradisi penyambutan prajurit tamtama remaja yang berdinas di Koarmada III, Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Selasa (8/10).

“Selamat atas keberhasilan menyelesaikan pendidikan militer tamtama TNI Angkatan Laut. Kelulusan ini bukan akhir dari perjuangan menuju karier, melainkan titik awal dari perjuangan dalam pengabdian kepada negara dan bangsa khususnya TNI Angkatan Laut,” kata Dandenma Koarmada III saat menerima 99 prajurit tamtama remaja baru itu.

Dia berpesan kepada mereka untuk selalu dalam kesadaran penuh menjalankan semua tuntutan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Hari ini kalian telah menyandang pangkat sebagai seorang tamtama TNI Angkatan Laut,” kata dia.

Komando Armada III merupakan salah satu komando operasi utama TNI AL selain Koarmada I dan Koarmada II. Koarmada III bermarkas di Katapop, Sorong, Papua Barat Daya, dan membawahi empat pangkalan di wilayah Papua, yaitu Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon, Lantamal X Jayapura, Lantamal XI Merauke, dan Lantamal XIV Sorong.

Baca juga: Koarmada III gelar latihan operasi khusus tingkatkan kesiapsiagaan
Baca juga: TNI AL siapkan latihan kesiapsiagaan SAR di perairan Sorong
Baca juga: KRI WSH-991 bersiap berlayar ke beberapa negara Pasifik 10 Oktober

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024