Jakarta (ANTARA) - Solidaritas Hakim Indonesia (SHI) menyatakan bahwa komitmen Presiden Terpilih Prabowo Subianto yang berjanji akan menyejahterakan hakim di Indonesia menjadi titik terang perjuangan hakim dalam mendapatkan peningkatan kesejahteraan.

"Komitmen (Prabowo) ini menjadi titik terang dalam perjuangan kami dan menunjukkan adanya dukungan kuat dari level tertinggi pemerintahan selanjutnya," kata Juru Bicara SHI Fauzan Arrasyid melalui keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Selain itu, SHI menilai seluruh pimpinan lembaga yang hadir dalam audiensi pada tanggal 7–8 Oktober 2024 menunjukkan komitmen kuat untuk memperbaiki keadaan, baik dari sisi kebijakan maupun implementasi di lapangan.

Hingga Selasa (8/10), SHI telah beraudiensi dengan pimpinan Mahkamah Agung, pimpinan pusat Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI), pemerintah melalui beberapa kementerian dan lembaga, serta pimpinan DPR RI.

Baca juga: SHI sebut Komisi Yudisial responsif tanggapi tuntutan hakim

Dalam audiensi tersebut, terang Fauzan, SHI menyampaikan aspirasi mengenai urgensi peningkatan kesejahteraan hakim di seluruh Indonesia. SHI juga membahas berbagai persoalan fasilitas, tunjangan, dan kondisi kerja yang layak bagi hakim.

"Kami menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh hakim yang hadir dan turut serta dalam barisan solidaritas di Jakarta. Masih ada kegiatan silaturahmi dengan para tokoh bangsa, media visit, serta pertemuan dengan tokoh akademis dan peneliti yang fokus pada dunia peradilan," ucapnya.

Setelah beraudiensi dan silaturahmi dengan berbagai pemangku kepentingan terkait, tambah Fauzan, SHI akan senantiasa mengawal kebijakan pemerintah.

Baca juga: KY dan MA komitmen terus kawal peningkatan kesejahteraan hakim

"Kami percaya dengan adanya dukungan dari berbagai pihak, pemerintah akan mampu menghadirkan kebijakan yang mengembalikan martabat hakim. Hal ini sangat penting untuk memastikan hukum di Indonesia tetap terjaga dan masyarakat semakin berdaya," katanya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto melalui panggilan suara saat audiensi pimpinan DPR RI dengan SHI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10), berjanji menyejahterakan hakim di Indonesia. Janji tersebut disampaikan Prabowo saat menelepon Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad yang sedang memimpin audiensi.

"Saya berpendapat bahwa para hakim harus diperbaiki kualitas-kualitas hidupnya, dan harus dijamin supaya para hakim itu sangat mandiri, dan bisa menjalankan tugas sebagai hakim dengan sebaik-baiknya," kata Prabowo.

Baca juga: Ketua DPD RI telah bicara dengan Menkeu bahas kesejahteraan hakim
Baca juga: Waka DPR: Pemerintahan Prabowo mendatang akan naikkan gaji hakim

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024