Jakarta (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono mengatakan bahwa pihaknya akan meresmikan Skuadron Pendidikan Siber di Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/10).

"Besok saya akan meresmikan Skuadron Pendidikan Siber di Bogor, silahkan kalau mau ikut. Jadi Skuadron Pendidikan Siber ini kita akan menyiapkan personel-personel Angkatan Udara berkemampuan siber," kata Tonny saat ditemui di Mabes AU, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu.

Tonny menjelaskan pembentukan skuadron ini merupakan bagian dari upaya TNI AU dalam memperkuat pertahanan siber.

Penguatan pertahanan siber sendiri merupakan bagian dari rencana strategis TNI AU yang akan dilakukan dalam kurun waktu 20 tahun ke depan.

Selain itu, pembentukan skuadron ini juga selaras dengan semangat pemerintah dalam membentuk matra keempat yakni Matra Angkatan Siber yang akan menjadi ujung tombak pertahanan siber negara.

Lebih lanjut, Tonny menjelaskan nantinya skuadron ini bisa diisi oleh seluruh kalangan yang memiliki kemampuan di bidang siber dan ingin mengabdi kepada negara.

"Sekarang yang dididik personil Angkatan Udara. Tetapi nanti ke depan semua kita terima maksudnya dari matra lain, Polri bahkan dari instansi sipil pun bisa kita terima," kata Tonny.

Nantinya, para personel yang dilatih akan dibekali kemampuan teori dan teknis dan teknologi yang canggih untuk menunjang program pelatihan.

Dengan adanya skuadron ini, Tonny yakin pertahanan siber TNI AU akan semakin kuat dalam menjaga kedaulatan negara.
Baca juga: KSAU persiapkan SDM mumpuni untuk perkuat satuan ruang angkasa
Baca juga: KSAU ceritakan momen Prabowo pesan drone BLOS dari Turki lewat telepon
Baca juga: TNI AU didik personel bidang teknologi untuk perkuat pertahanan siber


 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024