Jakarta (ANTARA) -
Ketua MPR RI Ahmad Muzani mengatakan bahwa rapat Pimpinan MPR RI telah menyetujui agar kandidat Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD, diundang guna menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.
 
Dia mengatakan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih itu bakal berlangsung di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, pada 20 Oktober 2024 pukul 10.00 WIB.
 
"Pelantikan akan dihadiri oleh sejumlah tokoh termasuk akan dihadiri selain Presiden dan Wakil Presiden terpilih, juga kami akan undang kandidat Presiden, kandidat Wakil Presiden," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Mensesneg pastikan kehadiran Jokowi pada pelantikan Prabowo-Gibran
 
Dengan begitu, menurut dia, MPR bakal mengirim surat undangan kepada setiap kandidat dalam Pilpres 2024 tersebut. Selain itu, MPR juga akan mengundang seluruh pimpinan partai politik yang berkontestasi dalam Pemilu 2024.
 
Selain itu, menurut dia, para Presiden dan Wakil Presiden terdahulu, serta para tokoh bangsa dan sejumlah kepala negara dari negara sahabat juga turut diundang dalam acara pelantikan itu.
 
"Tentu saja Pak Jokowi dan Pak Ma'ruf Amin akan kami undang untuk hadir dalam pelantikan," kata dia.
 
Untuk itu, dia meminta seluruh rakyat bangsa Indonesia agar acara pelantikan tersebut bisa berjalan lancar dan semuanya sesuai dengan rencana.

Melalui acara pelantikan itu, dia meminta agar bangsa Indonesia menunjukkan sebagai bangsa yang bersatu, rukun, dan menjunjung tinggi martabat demokrasi.
 
"Meskipun dalam suasana perbedaan perasaan Pilpres, dan pada akhirnya kita satu untuk bangsa dan negara," kata dia.

Baca juga: Presiden jadwalkan langsung pulang ke Solo usai pelantikan Prabowo
Baca juga: Sufmi Dasco: Kabinet akan diumumkan Prabowo saat tanggal pelantikan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024