Saat ini panitia tengah membuka pendaftaran dan mematangkan persiapan agenda berjepin massal yang akan digelar pada 20 Oktober 2024 mendatang
Pontianak (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), membuka pendaftaran untuk seluruh masyarakat berpartisipasi dalam Tari Jepin secara massal menyambut Hari Jadi ke-253 Kota Khatulistiwa tersebut.

"Saat ini panitia tengah membuka pendaftaran dan mematangkan persiapan agenda berjepin massal yang akan digelar pada 20 Oktober 2024 mendatang," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Pontianak Ani Sofian di Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan bagi masyarakat yang ingin ikut Tari Jepin massal dapat mendaftar lewat laman https://linktr.ee/Ptk_Bejepin. Kegiatan akbar tersebut akan dimulai pukul 07.00 WIB. Untuk memudahkan dalam mengatur barisan, peserta sudah berada di lokasi pukul 05.30 WIB.

Baca juga: 12 ribu peserta ikuti tari Jepin meriahkan hari jadi Pontianak

“Ruas jalan sepanjang Jalan Ahmad Yani disiapkan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pontianak. Saya mengajak seluruh warga Kota Pontianak untuk memeriahkan Jepin massal dengan mengenakan pakaian adat nasional,” katanya.

Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-253 Pontianak, Pemkot Pontianak juga membuat rangkaian acara lainnya, mulai dari kampanye Gerakan Pontianak Tanpa Plastik, Festival Arakan Pengantin, saprahan, pameran seni dan budaya, serta berbagai lomba dengan hadiah menarik.

Ani Sofian mengimbau pelaku usaha serta seluruh instansi di Kota Pontianak untuk turut menambah semarak hari jadi dengan memasang baliho yang disediakan lewat link https://bit.ly/PTK253. Ia juga mengajak partisipasi para pelajar, mahasiswa, guru, sampai karyawan perusahaan.

Baca juga: Jepin massal-berbusana baju kurung terbanyak catat rekor MURI

“Hari jadi daerah menjadi semakin berkesan dengan kita meriahkan bersama, harapannya dapat menumbuhkan rasa kebersamaan,” tuturnya.

Berbagai rekor siap dicatatkan, mulai dari jumlah peserta Tari Jepin terbanyak dan lainnya. Ia berharap kegiatan Hari Jadi Pontianak tahun ini mendapat sorotan dari berbagai daerah hingga mancanegara.

Diharapkan dengan kegiatan Tari Jepin massal ini menjadi daya tarik dan mampu menyedot wisatawan, sehingga memberikan kontribusi dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Baca juga: Dua Tari Jepin Pontianak masuk WBTb
 

Pewarta: Dedi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024