Jakarta (ANTARA) -
Koordinator Staf Ahli Panglima TNI Mayor Jenderal TNI Maryono mengatakan lembaga negara itu mendukung secara aktif personel yang berprestasi di bidang olahraga guna menjadi atlet nasional maupun internasional yang bisa mewakili Indonesia di kancah dunia.

Ia mengatakan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto selalu menyampaikan bahwa TNI terus berkoordinasi dengan pengurus federasi cabang olahraga untuk mengetahui kebutuhan yang diperlukan guna mempersiapkan personel tentara menjadi atlet-atlet yang bisa membanggakan kabupaten/kota, provinsi, dan Indonesia.

"Tetapi, untuk mencapai prestasi menjadi atlet nasional, tentu itu ada tahapan seleksi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, serta federasi cabang olahraga terkait," kata Maryono di sela pembukaan kejuaraan panjat tebing Piala Panglima TNI tahun 2024 di Jakarta, Rabu.

Ia menambahkan pemimpin TNI berkomitmen untuk mendukung personel yang berprestasi di bidang apa pun, termasuk olahraga. Bentuk dukungan itu mulai dari izin kelonggaran waktu untuk bertugas, memfasilitasi tempat latihan, hingga dukungan materi yang dibutuhkan.

Baca juga: 321 atlet ikuti kejuaraan panjat tebing Panglima TNI

"Jadi, prinsipnya apa yang bisa dibantu pasti didukung," ujar jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat (AD) itu.
 
Koorsahli Panglima TNI Mayjen TNI Maryono (tengah) menjawab pertanyaan wartawan di sela pembukaan kejuaraan panjat tebing Piala Panglima TNI tahun 2024 di Jakarta, Rabu (9/10/2024). ANTARA/Donny Aditra
 
Ia menambahkan sejatinya TNI selalu berupaya membantu pemerintah maupun pengurus federasi cabang olahraga dalam mencari bibit-bibit atlet yang unggul.

Untuk itu, tambah Maryono, selain dukungan internal bagi personel TNI, keaktifan membuat sejumlah kejuaraan olahraga terbuka juga sering dilakukan sehingga bisa mencari potensi atlet berbakat dari masyarakat umum.

"Semua itu sebagai upaya mendidik mental anak muda Indonesia, seperti melatih mentalitas, perjuangan, dan pengorbanan, agar tidak berprestasi di bidang olahraga, tetapi juga memiliki kecintaan untuk membela bangsa dan negara," katanya.

Baca juga: Dito dukung Sport Climbing Championship 2024 cetak atlet berprestasi

Ketua Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Zannuba Ariffah Chafsoh​​​​​​​ yang akrab disapa Yenny Wahid menyambut baik niatan TNI untuk mendorong personel menjadi atlet nasional yang akan mewakili Indonesia di kancah dunia.

"Siapa pun yang pantas dan memenuhi syarat mewakili Indonesia, tentu akan kami libatkan," ujar putri dari Presiden Ke-4 RI K.H. Abdurrahman Wahid itu.​​​​​​​

Yenny mengatakan bahwa selama ini personel TNI telah banyak berprestasi di berbagai cabang olahraga, seperti atletik, menembak, panahan, bola voli, dan sepak bola.

Baca juga: TNI AD bantu cetak atlet Taekwondo terbaik bangsa
Baca juga: TNI AL targetkan cetak altet karate nasional berkelas internasional

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024