Seperti kemarin ada teman-teman karang taruna ingin melakukan sosialisasi kepada anak-anak muda (remaja) yang sedang berkumpul
Jakarta (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Jakarta Pusat (KPU Jakpus) mengajak warga di Pasar Palmerah untuk menggunakan hak pilihnya saat pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jakarta 2024.
 
"Hari ini kita melakukan sosialisasi ke pasar tradisional Palmerah dalam rangka menginformasikan tahapan penyelenggaraan Pilkada DKI Jakarta dan mengajak warga lebih aktif menggunakan hak pilihnya," kata Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Jakarta Pusat, Sahat Dohar Manullang di Pasar Palmerah, Jakarta Pusat, Rabu.

Baca juga: Pengamat nilai visi dan misi cagub DKI untuk atasi macet realistis
 
Bentuk sosialisasi yang dilakukan yakni menyebarluaskan bahan sosialisasi berupa brosur ke setiap pedagang dan pembeli yang berisi tahapan penyelenggaraan Pilkada Jakarta 2024.
 
"Bentuk kegiatan yang kami lakukan pertama menyebarkan bahan-bahan sosialisasi jadi brosur-brosur yang kita bagikan sambil mengimbau agar masyarakat datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilih," ujar Sahat.
 
Lebih lanjut, kegiatan sosialisasi ini sekaligus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait jika adanya pelanggaran kampanye yang dilakukan pasangan calon (paslon), seperti membagi-bagikan uang (politik uang).

Baca juga: KPU DKI evaluasi debat pertama untuk ciptakan warna baru
 
Masyarakat bisa memberikan aduan langsung kepada KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jakarta Pusat.
 
"Ya salah satunya itu, karena masyarakat juga harus tau sekarang masa kampanye, kita juga mengimbau aturan-aturan terkait kampanye itu supaya dipatuhi, karena itu menjadi bagian, sekarang itu memang dalam masa kampanye," kata Sahat.
 
Sahat menyebut sosialisasi ini semakin digencarkan mengingat Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah ditetapkan, begitupun dengan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur juga sudah ditetapkan dan sudah memasuki tahapan kampanye.

Baca juga: Visi-misi Cagub-Cawagub DKI Jakarta yang dipaparkan di arena debat
 
"Memang sekarang ini kita lebih gencar melakukan sosialisasi baik pasar tradisional ataupun kelompok-kelompok komunitas yang telah disasar selama ini," tegas Sahat.

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan usai melakukan sosialisasi Pilkada Jakarta 2024 di Pasar Palmerah, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (9/10/2024). ANTARA/Siti Nurhaliza


Sementara itu, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengatakan selain KPU Jakarta Pusat yang melakukan sosialisasi Pilkada 2024, ada juga dari berbagai elemen masyarakat yang ikut serta seperti dari karang taruna.
 
"Selain itu juga KPU pun melakukan sosialisasi di seluruh elemen. Seperti kemarin ada teman-teman karang taruna ingin melakukan sosialisasi kepada anak-anak muda (remaja) yang sedang berkumpul," kata Dicky.
 
Menurut Dicky, sosialisasi memegang peranan penting dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat sekaligus memberikan kesadaran terkait pentingnya suara masyarakat untuk menentukan pemimpin Jakarta lima tahun ke depan.
 
"Artinya, partisipasi masyarakat untuk tidak menjadi golongan putih (golput) itu sangat dinantikan. Mereka betul-betul menginspirasikan suaranya nanti di tanggal 27 November," ujar Dicky.
 
Dicky juga mengajak masyarakat Jakarta, khususnya di Kecamatan Tanah Abang untuk bisa berperan aktif dalam Pilkada Jakarta 2024 dengan hadir bersama-sama di TPS demi mendukung pilkada yang lancar dan aman.
 
Adapun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jakarta Pusat menetapkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada DKI Jakarta 2024 sebanyak 813.721 pemilih dengan jumlah TPS sebanyak 1.542. DPT di Tanah Abang sebanyak 125.137 dengan jumlah pemilih perempuan 62.764 dan laki-laki 62.373 di 228 TPS.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024