Pertemuan tersebut bertujuan menindaklanjuti peluang kolaborasi lintas bidang, setelah pertemuan yang dilakukan pada Januari 2024, membahas potensi yang dapat dikembangkan
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dan Indiana University (AS) siap untuk merealisasikan kerja sama pendidikan interdisiplin untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, antara lain dengan kunjungan delegasi  Vice President for International Affairs Indiana University Hannah Buxbaum ke UI.

"Pertemuan tersebut bertujuan menindaklanjuti peluang kolaborasi lintas bidang, setelah pertemuan yang dilakukan pada Januari 2024, membahas potensi yang dapat dikembangkan," kata Rektor UI Prof Ari Kuncoro di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Menurutnya,  pertemuan kali ini merupakan momentum yang tepat untuk merealisasikan kolaborasi interdisiplin guna menghasilkan riset dan inovasi yang berkualitas.

“Perkembangan terkini dunia keilmuan mendorong berbagai disiplin ilmu untuk bersama-sama menuntaskan isu global, seperti perubahan iklim, kelangkaan energi, Artificial Intelligence (AI), dan masalah kesehatan,” ujarnya.

Baca juga: UI jalin kerja sama dengan Indiana University dalam berbagai bidang

Ketertarikan atas kerja sama lintas bidang juga disampaikan oleh Hannah Buxbaum. Menurutnya, saat ini Indiana University sedang mengembangkan program pascasarjana interdisiplin.

Program tersebut dirancang berdasarkan visi pembangunan berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), khususnya yang terkait dengan persoalan AI dan perubahan iklim.

“Untuk itu kami sangat terbuka jika UI bersedia menjadi mitra dalam mengembangkan program tersebut,” ujar Hannah.

UI melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) mencapai kesepakatan dengan Indiana University untuk program pendidikan dan riset, seperti joint degree, double degree, dan joint research.

Guna memperluas cakupan kerja sama, UI mengundang Indiana University untuk turut berpartisipasi dalam Program Summer School yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Perluasan ini tidak hanya terbatas pada rumpun ilmu tertentu, tetapi juga seluruh rumpun ilmu yang ada di UI.

Baca juga: Indiana University kunjungi UI untuk jalin kemitraan

Wakil Dekan Bidang Akademik, Riset, dan Kemahasiswaan Fakultas Psikologi UI Dicky C. Pelupessy menyampaikan Indiana University merupakan mitra yang tepat dalam menyelenggarakan kelas internasional, terutama untuk Program Magister Psikologi Olahraga.

Universitas yang berlokasi di Amerika Serikat (AS) tersebut memiliki fasilitas olahraga lengkap untuk mendukung proses pembelajaran. Selain itu kiprah para mahasiswanya dalam Olimpiade Paris 2024 menjadi bukti bahwa Indiana University memiliki keunggulan dalam bidang ini.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum UI Dr Parulian Paidi Aritonang juga memaparkan catatan historis terkait relasi Indonesia dan AS. Ia menyampaikan pada dekade 60-an, Soekarno dan John. F. Kennedy memiliki hubungan yang sangat baik, sehingga banyak buku hukum dari AS yang dihadiahkan kepada sarjana hukum Indonesia.

“Fakta sejarah ini menjadi bukti bahwa kerja sama kedua negara telah terjalin sejak lama, dan sangat mungkin bagi kita untuk menyelenggarakan kelas internasional secara bersama-sama, terkhusus terkait ilmu hukum di Indonesia dan Amerika Serikat,” ucapnya.

Baca juga: Indonesia Targetkan Kerjasama Pendidikan Dengan AS

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024