Saya arahkan agar guru-guru harus diberi ilmu untuk mengatasi darurat kebakaran mulai minggu depan
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) dan Kepala Dinas Pendidikan untuk memberikan pembekalan terhadap guru cara mengatasi api apabila terjadi kebakaran di sekolah.

Hal disampaikan Heru menanggapi  kebakaran yang terjadi di SD Negeri 01 Cempaka Baru, Jakarta Pusat pada Minggu (6/10) yang mengakibatkan kerusakan parah pada bangunan.

Baca juga: Pencurian kabel listrik dapat timbulkan pemadaman dan kebakaran

“Saya arahkan agar guru-guru harus diberi ilmu untuk mengatasi darurat kebakaran mulai minggu depan,” kata Heru saat dijumpai di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Heru juga memerintahkan agar Kepala Suku Dinas di Jakarta untuk ikut memberikan pengetahuan terkait pemadaman kebakaran sekaligus memeriksa kondisi sekolah-sekolah agar kejadian serupa tak lagi terulang.

Baca juga: Puslabfor dilibatkan periksa penyebab kebakaran Mal Ciputra Jakarta

“Khususnya di SD, SMP, guru-gurunya bisa melakukan tindakan darurat kebakaran. Nggak boleh terjadi lagi di Jakarta hal seperti itu. Dua kali hal yg sama (disebabkan) korsleting, berarti ada kelalaian mungkin  kabelnya tidak standar atau ada sebab-sebab lain,” kata Heru.

Sebelumnya, Petugas pemadam kebakaran menerima laporan adanya kebakaran di SDN 01 Cempaka Baru Minggu (6/10/2024) pukul 11.35 WIB. Akibat dari kebakaran tersebut, atap ruangan yang terbakar terlihat hancur dan plafon di ruangan tersebut  terlepas.

Baca juga: Heru serahkan 20 kunci rumah renovasi korban kebakaran di Menteng

Sebanyak 14 unit damkar dikerahkan untuk memadamkan api di lokasi tersebut. Penyebab dari kebakaran itu diketahui karena  korsleting.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024