New Delhi (ANTARA) - Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri India Narendra Modi pada Selasa (8/10) memenangkan pemilu di negara bagian Haryana utara untuk ketiga kalinya secara berturut-turut.

Menurut Komisi Pemilihan Umum India, BJP memenangkan 48 dari 90 kursi, sementara partai oposisi Kongres Nasional India memenangkan 36 kursi dan memimpin perolehan kursi lainnya.

Partai Lok Dal Nasional India (Indian National Lok Dal) dan dua kandidat independen memenangkan lima kursi tersisa.

Menanggapi kemenangan partainya, PM Modi berterima kasih kepada masyarakat Haryana karena sekali lagi memberikan suara mayoritas yang jelas kepada Partai Bharatiya Janata.

"Ini adalah kemenangan politik pembangunan dan tata kelola yang baik. Saya meyakinkan masyarakat di sini bahwa kami akan bekerja tanpa henti untuk memenuhi aspirasi mereka," tulisnya di X. 

Kendati demikian, pemimpin Kongres Nasional India, Jairam Ramesh, mengatakan hasil pemilu di Haryana benar-benar tidak terduga, sangat mengejutkan, dan berlawanan dengan intuisi.

"Hasil ini tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan,  yang mana rakyat Haryana telah bersiap untuk perubahan dan transformasi," ujarnya.

Sebagian besar jajak pendapat sebelumnya terbukti salah karena memberikan keunggulan pada Partai Kongres dalam pemilu negara bagian tersebut.

Sumber : Anadolu

Baca juga: PM Modi anggap kemenangan NDA prestasi bersejarah pemilu India
Baca juga: PM Modi pertahankan anggota utama kabinet di masa jabatan ketiga
Baca juga: Mayoritas "exit poll" isyaratkan partai Modi menangi pemilu India


Penerjemah: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Primayanti
Copyright © ANTARA 2024