Jakarta (ANTARA) - Indonesia International Hospital Expo ke-36, pameran industri kesehatan, siap digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 16-19 Oktober 2024. Acara tahunan ini menjadi ajang berkumpulnya para pelaku industri kesehatan, dari produsen alat kesehatan hingga rumah sakit, untuk memamerkan inovasi terbaru dan menjalin kerja sama.

Dengan target 12.000 pengunjung per hari dan lebih dari 600 peserta pameran, Hospital Expo 2024 diperkirakan akan menjadi salah satu event terbesar di sektor kesehatan se-Asia Tenggara tahun ini. Tidak hanya dihadiri oleh pelaku industri dalam negeri, tetapi juga peserta dari berbagai negara di Asia dan Eropa.

"Kami sangat antusias menyambut Hospital Expo tahun ini," ujar Yudha Imam Sutedja, Direktur Marketing & Finance PT. Okta Sejahtera Insani, penyelenggara acara.

"Acara ini bukan hanya sekadar pameran, tetapi juga menjadi platform bagi para pelaku industri untuk bertukar pengetahuan dan memperkuat jaringan," kata dia dalam siaran pers pada Senin.

Baca juga: Indonesia pamerkan produk alat kesehatan di Latvia

Salah satu daya tarik utama Hospital Expo 2024 adalah beragam inovasi teknologi kesehatan yang dipamerkan. Mulai dari alat diagnosis terbaru, peralatan bedah canggih, hingga sistem informasi rumah sakit yang terintegrasi.

"Pengunjung dapat melihat langsung dan mencoba berbagai produk terbaru, serta berkonsultasi dengan para ahli di bidangnya," kata Yudha menambahkan.

Selain fokus pada industri kesehatan, Hospital Expo 2024 juga memberikan perhatian pada edukasi kesehatan untuk masyarakat umum. Sejumlah kegiatan menarik seperti pemeriksaan kesehatan gratis, konsultasi dengan dokter, dan seminar kesehatan akan diselenggarakan.

Baca juga: Kemendag: Pameran alkes di Dubai bukukan transaksi 13,16 juta dolar AS

Topik-topik yang akan dibahas dalam seminar antara lain "Diagnosis MS/Neuromyelitis Optica (NMO) dan "Pentingnya Menjaga Kualitas Hidup Setelah Terdiagnosis MS/NMO" bersama Presiden Yayasan Multipel Sklerosis Indonesia (YMSI), R.A. Kanya Puspokusumo dan Sekretaris YMSI Dr. dr. Riwanti Estiasari, Sp.S (K) hingga "Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental untuk Kualitas Hidup yang Lebih Baik" pada 19 Oktober 2024 bersama pembicara Ika Putri Dewi, psikolog klinis Yayasan Pulih.

Bagi para pelaku industri, Hospital Expo 2024 juga menyediakan wadah untuk menjalin kerja sama melalui Business Matching Forum. Acara ini akan mempertemukan para produsen alat kesehatan dengan rumah sakit, distributor, dan para calon pembeli dari berbagai negara.

Baca juga: Kemenperin boyong industri alat kesehatan tampil di Arab Health 2024

Baca juga: Pameran Hospital Expo 2023 siap digelar pada 18-21 Oktober 2023

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024