Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina International Shipping (PIS) meraih penghargaan berkat upaya perseroan dalam melestarikan ekosistem laut melalui program “BerSEAnergi untuk Laut” dalam ajang Indonesia CSR Awards 2024.

Pjs. Corporate Secretary PIS Vega Pita dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa program tersebut merupakan kontribusi nyata perseroan dalam melestarikan ekosistem laut dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir.

Ia menuturkan bahwa program tersebut mencakup berbagai inisiatif dalam aspek sosial, pendidikan, dan lingkungan, terutama dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

Melalui inisiatif tersebut, pihaknya berfokus untuk merealisasikan sejumlah tujuan SDGs, yakni Tujuan 1 Tanpa Kemiskinan, Tujuan 3 Kehidupan Sehat dan Sejahtera, Tujuan 4 Pendidikan Berkualitas, serta Tujuan 14 Ekosistem Lautan.

Vega menyatakan bahwa dalam program "BerSEAnergi untuk Laut", perusahaan telah meluncurkan upaya konservasi hiu paus melalui tagging dan monitoring untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

Terdapat pula kegiatan Ocean LiteraSea yang berfokus pada pengembangan pengetahuan tentang keanekaragaman hayati laut, pemberdayaan masyarakat, dan aksi nyata untuk melestarikan lingkungan laut.

Pihaknya juga menjalankan program Rumah Sakit Apung (RSA) yang memanfaatkan kapabilitas logistik maritim perseroan untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), terutama di wilayah timur Indonesia yang seringkali kekurangan fasilitas kesehatan yang memadai.

Vega pun menyampaikan apresiasi perseroan kepada semua pihak yang terlibat atas diraihnya penghargaan yang bertajuk “Best Corporate Social and Environment Responsibility Award 2024 for Supporting Environmental Ecosystem Protection and Health Services” dalam kategori “Logistic and Transportation Industry” tersebut.

Ia menyatakan bahwa dengan pencapaian tersebut, PIS semakin mengokohkan posisinya sebagai perusahaan yang tidak hanya unggul dalam pengangkutan energi maritim, tetapi juga berperan aktif dalam perlindungan lingkungan dan pembangunan sosial yang berkelanjutan.

“Kami berharap dapat terus memperluas dan meningkatkan kontribusi kami, tidak hanya dalam melindungi ekosistem laut, tetapi juga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir. Penghargaan ini menjadi pemicu semangat kami untuk terus berinovasi di tahun-tahun mendatang,” imbuhnya.

 

 

Pewarta: Uyu Septiyati Liman
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024