Jakarta (ANTARA) - Stefanos Tsitsipas akan menghidupkan kembali persaingannya dengan Daniil Medvedev setelah mengalahkan Alexandre Muller di Shanghai Masters.

Kemenangan petenis Yunani itu dengan skor 6-3, 7-5 membuat ia akan menghadapi pertandingan head to head ke-14 dengan Medvedev, pertemuan pertama mereka dalam hampir satu tahun.

Dalam pertandingan yang tertunda dua hari karena hujan, Tsitsipas memegang kendali atas Muller hingga ia kehilangan servis dalam upayanya untuk menutup pertandingan dengan skor 5-3 di set kedua.

Namun, ia bangkit kembali untuk mematahkan servis lawan di gim terakhir, menemukan jangkauan pukulan forehand-nya untuk mendapatkan match point, lalu melepaskan pukulan forehand yang keras dan cepat untuk memastikan kemenangan.

"Saya kehilangan konsentrasi (setelah) saya mampu bermain dengan baik selama seluruh pertandingan," kata Tsitsipas, ketika ditanya tentang kehilangan servis di akhir pertandingan, dikutip dari laman resmi ATP, Rabu.

"Saya rasa itu membuat saya sedikit frustrasi, karena dua net saya melompat keluar lapangan dan mendarat di luar. Satu saat servis, satu saat forehand. Hanya butuh beberapa milimeter untuk melewatinya."

"Beberapa kesalahan sendiri di sana-sini menyebabkan break. Saya merasa frustrasi karena saya merasa tidak pantas mendapatkan break itu... Terlepas dari itu, saya terus maju," ujar petenis berusia 26 tahun itu.

"Saya tahu bahwa saya pernah menghadapi momen seperti ini sebelumnya, dan aset terbesar saya adalah menyingkirkan pikiran-pikiran negatif itu, kembali ke pertandingan, dan membuat semuanya berjalan lancar lagi."

Unggulan ke-10 itu meraih kemenangan ke-200 di lapangan keras dengan mengalahkan Kei Nishikori di pertandingan pembuka dan menyelamatkan enam break point pertama yang dihadapinya di Shanghai -- tiga melawan Nishikori dan tiga melawan Muller.

Lolos ke babak 16 besar di ATP Masters 1000 untuk keempat kalinya tahun ini, juara bertahan Monte Carlo itu selanjutnya akan menghadapi unggulan kelima Medvedev untuk memperebutkan tempat di perempat final Shanghai.

Medvedev memenangi lima pertemuan pertamanya melawan Tsitsipas sebelum petenis Yunani itu membalas dengan kemenangan di babak penyisihan grup dalam perjalanannya menuju gelar ATP Finals 2019.

Medvedev memimpin head to head mereka 9-4, termasuk kemenangan di kedua pertemuan mereka tahun 2023, di semifinal Roma dan Wina.

"Ia seseorang yang menyukai lapangan seperti ini," ujar Tsitsipas tentang juara Shanghai 2019 Medvedev.

"Saya merasa saya semakin membaik seiring berjalannya waktu. Saya merasa telah mengembangkan beberapa pukulan yang bagus selama beberapa minggu terakhir. Sejauh ini, saya senang dengan cara tenis saya tampil."

Baca juga: Medvedev dan Tsitsipas menangi pertandingan pembuka Shanghai

Baca juga: Tsitsipas ingin juarai ATP Montreal tanpa Djokovic dan Alcaraz

Baca juga: Alcaraz kembali bertemu Tsitsipas di perempat final French Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024