Jakarta (ANTARA) - Berikut rangkuman berita humaniora populer di Indonesia kemarin (Selasa, 8/10), mulai dari Imam Besar Masjid Nabawi Berkunjung ke Indonesia hingga, BNPB sebut Aceh Simbol ketangguhan dalam menghadapi bencana.

1) Imam Besar Masjid Nabawi berkunjung ke Indonesia

Imam Besar Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudhaify tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) Tangerang, Banten, pada Senin malam (7/10), dalam agenda kunjungan kenegaraan di Indonesia.

Pada kunjungan ini, Syekh Ahmad disambut sejumlah pejabat dari Kedutaan Besar Negara Arab Saudi untuk Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Dewan Dakwah Indonesia, UIN Indonesia,Badan Pengelola Masjid Istiqlal dan Darunnajah University.

Simak selengkapnya di sini:


2) Imam Besar Masjid Nabawi akan promosikan Islam toleran dan moderat

Imam Besar Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al-Hudzaifi melakukan kunjungan ke Indonesia pada 8-11 Oktober 2024 yang salah satu tujuannya untuk mempromosikan nilai-nilai Islam toleran dan moderat.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan nilai-nilai Islam toleran dan moderat yang digaungkan itu senafas dengan upaya Pemerintah Indonesia dalam memperkuat moderasi beragama di setiap lini kehidupan.

Simak selengkapnya di sini:


3) Menag: Kedatangan Imam Besar Masjid Nabawi pererat hubungan dua negara

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas menyatakan kedatangan Imam Besar Masjid Nabawi Syekh Ahmad bin Ali Al Hudzaifi semakin mempererat hubungan persaudaraan dua negara.

"Saya memastikan bahwa hubungan antara dua negara, kerajaan, dan masyarakat, berjalan dengan baik. Insya Allah kita akan berusaha untuk menjaga hubungan antara dua negara," ujar Yaqut saat menerima kunjungan Imam Besar di Jakarta, Selasa.

Simak selengkapnya di sini:


4) Transplantasi organ, tantangan etika dan asa masa depan

Transplantasi organ merupakan salah satu pencapaian besar dalam dunia medis, yang memberikan harapan bagi banyak orang untuk memperoleh kehidupan yang lebih sehat.

Namun, praktik ini juga dihadapkan pada berbagai masalah etika yang sangat kompleks. Baik di Timur maupun Barat, persoalan etika yang meliputi transplantasi organ telah menjadi perdebatan sengit.

Simak selengkapnya di sini:


5) BNPB sebut Aceh simbol ketangguhan dalam menghadapi bencana

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut Aceh menjadi simbol ketangguhan di Indonesia dalam menghadapi bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan, lantaran memiliki sejarah besar terkait bencana terutama tsunami pada 2004 silam yang berdampak global.

“Pengalaman bencana tsunami ini menjadikan Aceh sebagai simbol ketangguhan dalam menghadapi bencana dan meningkatkan kesiapsiagaan di tingkat lokal maupun nasional,” kata Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto di Banda Aceh, Selasa.

Simak selengkapnya di sini:

Pewarta: M. Riezko Bima Elko Prasetyo
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024