Perkawanan kita jangan berhenti. Dan buat teman-teman yang lain semua juga, karena negeri ini harus terus maju, trajectory kita bagus, digitalisasi di Republik Indonesia makin maju
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebutkan bahwa Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merupakan "Bapak Jalan Tol Indonesia.

Luhut menyampaikan hal itu ketika memberikan sambutan dalam peluncuran buku oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berjudul "BKS dari Underdog Jadi Menteri", di Jakarta, Selasa malam.

Baca juga: Luhut sebut banyak atasi masalah transportasi bersama Menhub

Dalam sambutannya, Luhut mengaku senang dengan buku yang ditulis oleh Menteri Perhubungan, ia pun lalu mengaku menunggu buku dari Menteri PUPR, bagaimana menjadi "Bapak Jalan Tol di Indonesia".

"Saya senang sekali Pak Budi Karya meluncurkan buku ini karena enak kita baca, dan kita nunggu nanti Pak Basuki juga nulis buku mengenai karya beliau, bagaimana menjadi Bapak Jalan Tol di Indonesia," ujar Luhut.

Luhut menilai banyak menteri di kabinet yang telah memberikan kontribusi besar bagi pembangunan Indonesia. Dokumentasi pencapaian ini, menurutnya, sangat penting agar capaian-capaian besar tersebut bisa diingat dan dihargai.

"Banyak sekali saya kira teman-teman menteri yang punya karya luar biasa dan elok didokumentasikan untuk capaian-capaian besar ini," tutur Luhut.

Luhut juga menyampaikan bahwa dirinya bersama sejumlah menteri lainnya dalam Kabinet Indonesia Maju, akan segera pensiun dalam waktu 12 hari lagi. Baginya segala hal memiliki waktunya, termasuk masa jabatan.

Baca juga: Luhut ungkap semangat kerja Menhub Budi Karya meski terkena COVID-19

Luhut menyampaikan pentingnya memahami bahwa banyak pencapaian yang diraih selama ini berkat kerja tim yang solid, bukan semata hasil upaya individu.

"Kami tinggal 12 hari lagi, Pak Basuki, saya, Pak Budi Karya, itu akan pensiun, dan saya kira kita harus sadar semua yang di bawah langit ini ada waktunya," ucap Luhut.

Dia juga mengenang masa-masa kerja bersama rekan-rekannya, termasuk Basuki dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, yang juga akan menyelesaikan masa jabatannya.

Ia berharap persahabatan mereka akan terus berlanjut meski masa dinas telah berakhir.

"Perkawanan kita jangan berhenti. Dan buat teman-teman yang lain semua juga, karena negeri ini harus terus maju, trajectory kita bagus, digitalisasi di Republik Indonesia makin maju," kata Luhut.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meluncurkan buku berjudul "BKS dari Underdog Jadi Menteri" menjelang berakhirnya masa jabatan di Kabinet Indonesia Maju.

Selain Luhut, peluncuran buku tersebut turut dihadiri Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, hingga Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan tamu undangan lainnya.

Baca juga: Luhut, Basuki, Muhadjir dan Teten hadiri peluncuran buku Menhub

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024