Batam (ANTARA) - Kapal Negara (KN) Pulau Dana-323 Bakamla RI tiba di Vietnam untuk menjalankan visi Muhibah atau port visit dalam rangka mempererat kerja sama maritim Indonesia dengan negara-negara Asia Tenggara.

Pranata Humas Ahli Muda Kapten Bakamla Yuhanes Antara dikonfirmasi di Batam, Kepulauan Riau, Selasa, mengatakan setelah melakukan perjalanan laut mulai Minggu (6/10) dari Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Kepulauan Riau, KN Pulau Dana-323 tiba dan bersandar di TSC Port Vung Tau City, Ba Ria, Vietnam.

Dia menyebut ketibaan KN Pulau Dana-323 disambut dengan upacara penyambutan dipimpin oleh Commander Vietnam Coast Guard (VCG) Region 3 Major General Ngoh Binh Minh, Atha Vietnam Kolonel Laut (P) Dian Tri Hutanto, perwakilan Kedutaan Besar RI di Vietnam, serta jajaran instansi pemerintah lainnya.

“Setelah upacara penyambutan, dilakukan kegiatan ramah tamah dengan VCG,” kata Yuhanes.

Kegiatan ramah tamah ini dipimpin oleh Kasubdit Penyelenggara Operasi Direktorat Operasi Laut Kolonel Bakamla David Hastiadi dan Komandan KN Pulau Dana-323 Letkol Bakamla Umar Dhani.

“Setelah itu, para petinggi VCG melaksanakan tur kapal (ship tour) untuk melihat fasilitas kapal dipandu oleh Letkol Bakamla Umar Dhani,” katanya.

Yuhanes menyebut KN Pulau Dana-323 akan bersandar selama 3 hari di Vietnam menjalankan misi Muhibah dari tanggal 8 sampai 11 Oktober. Dan melanjutkan perjalanan ke Singapura dalam misi yang sama sampai dengan 16 Oktober.

“Tujuan dilaksanakannya port visit ini untuk meningkatkan kerja sama antara Bakamla RI dengan Vietnam Cous Guard dengan melakukan berbagai kegiatan diplomasi maritim,” katanya.

Diplomasi maritim tersebut, lanjut dia, meliputi courtesy call dengan Vice Chairman of People’s Committee Ba Ria-Vung Tau Province. Serta diakhir kunjungan, diadakan join execise antara KN Pulau Dana-323 dengan Kapal VCG.

“Join exercise itu latihan di laut dengan kapal Vietnam Coast Guard,” katanya.

Misi Muhibah ini salah satu implementasi dari ASEAN Coast Guard Forum (ACF) yang dibentuk oleh negara-negara di Asia Tenggara.

Baca juga: KRI Bima Suci tuntaskan misi diplomasi maritim duta bangsa

Baca juga: Belajar sejarah perdagangan rempah, Menlu ajak GNMC majukan kerja sama


Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024