Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Sosial (Kemensos) meraih tujuh penghargaan atas inovasi pelayanan publik dalam acara Gebyar Pelayanan Prima tahun 2024 yang diselenggarakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
 
Dalam rilis di Jakarta, Selasa, penghargaan itu diterima langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemensos Robben Rico.

Robben Rico mengatakan Kemensos dinobatkan sebagai salah satu instansi yang berhasil dalam mengimplementasikan inovasi pelayanan publik yang inklusif dan ramah terhadap kelompok rentan.

Ia menyebutkan, Kemensos meraih 7 penghargaan yang terdiri dari 1 penghargaan Pembinaan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan, 1 Penghargaan dari Top 5 Inovasi Kelompok Keberlanjutan Inovasi, dan 5 Penghargaan dari Top 5 Inovasi Kelompok Replikasi Inovasi.

Baca juga: Kemensos raih empat penghargaan terkait manajemen dan layanan ASN

Tujuh penghargaan tersebut diberikan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemensos, yaitu Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Grahita Kartini Tamanggung (Sentra Terpadu Kartini Temanggung), Sentra Handayani Jakarta, Sentra Paramita Mataram, Sentra Phalamartha Sukabumi, Sentra Dharma Guna Bengkulu, dan Sentra Pangurangi Takalar.
 
“Selamat kepada 7 Sentra yang sudah bekerja luar biasa," ujar Robben Rico.
 
Robben juga menyampaikan harapannya agar keberhasilan tujuh sentra tersebut dapat menjadi motivasi bagi sentra lain. Ia juga berpesan kepada ketujuh sentra penerima penghargaan agar tidak cepat berpuas diri dan terus meningkatkan kualitas pelayanan.

Baca juga: Kemensos raih penghargaan Ombudsman RI predikat kepatuhan tinggi
 
“Terima kasih untuk teman-teman semua yang telah bekerja dengan luar biasa," katanya.
 
Menurut dia,inovasi yang dilakukan Kemensos pada praktiknya memberikan dampak positif bagi masyarakat khususnya kelompok rentan.
 
Pasalnya, penerima manfaat dengan disabilitas mental, korban penyalahgunaan napza, korban radikalisme, dan lansia mendapat kesempatan untuk dilibatkan dan membuktikan diri bahwa mereka mampu untuk berdaya dan memiliki peran dalam membangun kemandirian serta memberi andil dalam hidup bermasyarakat.

Baca juga: Kemensos raih penghargaan penerapan sistem merit ASN
 
"Oleh karena itu, penghargaan tersebut sekaligus pula menjadi motivasi bagi Kemensos untuk terus meningkatkan kualitas layanan yang sejalan dengan visi pemerintah untuk menciptakan pelayanan publik yang modern, efisien, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024