Stok beras masih cukup aman dan saya perkirakan mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga empat bulan ke depan atau Januari 2025
Batang (ANTARA) - Perum Bulog Cabang Tegal, Jawa Tengah, menjamin ketersediaan beras yang tersimpan di gudang sebanyak 30 ribu ton, masih mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Januari 2025.

Pimpinan Bulog Cabang Tegal Anna Marianofa di Batang, Selasa, mengatakan bahwa pihaknya masih terus melakukan pengadaan beras petani dengan mengacu pada Harga Pokok Penjualan (HPP) Rp11 ribu per kilogram hingga sampai di gudang.

"(Stok beras) masih cukup aman dan saya perkirakan mampu mencukupi kebutuhan pangan masyarakat hingga empat bulan ke depan atau Januari 2025," katanya.

Menurut dia, untuk harga gabah kering giling (GKG) mencapai Rp7.400 per kilogram dan estimasi mampu menyerap 500 ton setara beras per bulan.

"Dengan kemampuan penyerapan tersebut, kami optimistis ketersediaan beras hingga awal 2025 tetap terjaga. Kami pastikan stok aman dan masyarakat tak perlu khawatir terkait ketersediaan beras," katanya.

Baca juga: Bulog Tegal salurkan bantuan pangan pada 82.936 KPM di Batang

Baca juga: Bulog Jateng memperbanyak penyaluran beras SPHP


Terkait dengan pendistribusian bantuan pangan, kata dia, pihaknya telah mendistribusikan 7.370 ton beras kepada warga miskin yang berada di tujuh kabupaten/kota eks-Keresidenan Pekalongan selama 2024.

Bantuan pangan 7.370 ton beras itu didistribusikan kepada wajib penerima di eks-Keresidenan Pekalongan meliputi Kabupaten/Kota Tegal, Brebes, Slawi, Pemalang, Kabupaten/Kota Pekalongan dan Kabupaten Batang.

Sedangkan untuk penyaluran bantuan pangan di wilayah Kabupaten Batang hingga tahap ketiga ini, kata dia, mencapai sekitar 829 ton.

Ia berharap penyaluran bantuan pangan yang didistribusikan secara bertahap tersebut bisa tepat sasaran dan selesai pada 15 Oktober 2024.

"Setiap penerima bantuan pangan ini mendapatkan jatah 10 kilogram," kata Anna Marianofa.

Baca juga: Bulog dukung penggunaan teknologi untuk pertanian berkelanjutan

Baca juga: Bulog pastikan beras bantuan pangan berkualitas baik

Baca juga: Bulog Sumut mulai salurkan bantuan pangan awal Oktober 2024 

Pewarta: Kutnadi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024