Jakarta (ANTARA) - Saat ini, sudah semakin banyak orang yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental. Salah satu alat yang bisa membantu memahami kondisi mental adalah kalkulator kesehatan mental.

Kalkulator kesehatan mental dibuat untuk membantu seseorang dalam memahami kondisi mentalnya melalui beberapa pertanyaan dan indikator. Hasil yang didapat bisa membantu menyadarkan dan mendorong orang tersebut untuk mengambil langkah-langkah positif.

Berikut adalah beberapa situs tes mental yang bisa Anda coba:

1. Tes kesehatan mental oleh Halodoc

https://www.halodoc.com/depression-test

Halodoc adalah aplikasi yang menghubungkan praktisi kesehatan, seperti dokter, apotek, dan laboratorium langsung ke tangan pasien. HaloDoc menyediakan fitur konsultasi medis melalui video call (teleconsultation), pembelian obat melalui Apotik Antar (Apotik Berbasis Layanan Online).

Halodoc juga menyediakan kalkulator kesehatan mental yang di akses siapapun secara gratis.

2. Tes kesehatan mental oleh Mental Health America (MHA)

https://screening.mhanational.org/

Situs ini menyediakan berbagai alat tes kesehatan mental yang gratis, rahasia, dan telah divalidasi secara ilmiah. Setiap alat tes (skrining) dirancang untuk membantu mengevaluasi kondisi mental seseorang, seperti depresi, ADHD, bipolar, kecemasan dan lainnya.

Di halaman ini juga terdapat informasi tentang bagaimana setiap tes dikembangkan, populasi mana yang diuji, serta dalam situasi apa tes tersebut dapat digunakan kembali.

3. Tes sehat mental oleh Satu Persen

https://satupersen.net/quiz/tes-sehat-mental

Satu Persen - Indonesian Life School adalah startup pendidikan yang bertujuan untuk mengajarkan keterampilan dan pengetahuan penting dalam hidup yang belum banyak diajarkan di sekolah atau masyarakat. Selain itu, Satu Persen juga menawarkan layanan konsultasi dengan psikolog profesional untuk membantu menangani masalah klinis yang dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain.

Mereka juga menyediakan tes kesehatan mental yang dapat diakses secara gratis melalui situs mereka. Tes ini dirancang untuk membantu individu memahami kondisi mental mereka dan memberikan langkah awal menuju kesejahteraan mental.

4. Tes kesehatan mental oleh HatiPlong

https://hatiplong.com

HatiPlong adalah layanan kesehatan mental online terdepan dengan puluhan tenaga psikolog profesional dan bersertifikasi.

Berawal dari visi untuk meningkatkan standar kualitas dan memperbaiki stigma tentang kesehatan mental di Indonesia, platform ini menghadirkan layanan kesehatan mental yang menjamin keamanan dan kenyamanan Anda selama konsultasi online.

5. Tes kesehatan mental oeh PsyKay

https://user.psykay.co.id/anxiety-depression

PsyKay adalah platform Konseling online yang dirancang untuk memfasilitasi akses ke kesehatan mental bagi Anda yang membutuhkan bantuan profesional untuk kesehatan mental Anda. Platform ini akan membantu untuk menemukan, mencocokan dan menghubungkan Anda dengan Psikolog yang sesuai dengan preferensi.

Itulah beberapa situs yang menyediakan layanan kalkulator kesehatan mental. Perlu diingat bahwa hasil tes ini bukanlah diagnosis akhir, dan setiap orang membutuhkan penanganan yang berbeda-beda oleh tenaga profesional sesuai dengan kondisi setiap individu.

Baca juga: Kini tes darah bisa dilakukan untuk deteksi "anxiety" atau kecemasan

Baca juga: Upaya sederhana untuk merawat kesehatan mental

Baca juga: Sejarah Hari Kesehatan Mental Sedunia 10 Oktober dan tema terbarunya

Pewarta: Allisa Luthfia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024