Jakarta (ANTARA) - Surat lamaran kerja merupakan salah satu aspek penting dalam proses melamar kerja dalam lowongan yang dibuka.

Selain CV, surat lamaran kerja juga menjadi nilai plus bagi seseorang dalam menentukan peluangnya dalam posisi yang dilamar. Surat lamaran kerja yang baik dan bagus dalam penyampaian-nya dapat menjadi pertimbangan seorang perekrut dalam menerima calon pekerja.

Surat lamaran atau biasa juga disebut cover letter, merupakan dokumen utama yang bahkan seringkali menjadi hal pertama yang dilihat perekrut. Oleh karena itu, penting bagi seorang pelamar untuk menyertakan surat lamaran atau cover letter dalam aktivitas melamar kerjanya.

Berikut ini Antara sajikan cara serta contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Indonesia dan Inggris yang bisa Anda gunakan.

Cara membuat surat lamaran

Membuat surat ini memiliki fungsi untuk menyampaikan maksud dan tujuan terhadap posisi yang dilamar, surat ini juga juga berfungsi untuk menonjolkan keterampilan, pengalaman, dan pencapaian yang dimiliki oleh sang pelamar dengan padat dan singkat.

Surat lamaran memiliki beberapa struktur yang perlu diperhatikan sebagai berikut:

Nama lengkap

Tuliskan nama lengkap Anda sesuai dengan yang tertulis di data diri lainnya seperti KTP, akta, dan kartu keluarga.

Alamat lengkap

Masukan informasi alamat tinggal Anda seperti nama jalan, nomor rumah, nama kompleks/perumahan/kampung dan sebagainya, nama kota, hingga kode pos.

Nomor telepon

Cantumkan nomor telepon aktif yang dapat dihubungi oleh pihak perusahaan jika ada informasi terbaru atau kabar terkait lamaran Anda.

Email

Sertakan alamat email pribadi yang aktif dan mudah diakses oleh pihak perusahaan.

Lampiran

Jika Anda menyertakan dokumen tambahan seperti CV, transkrip nilai, atau sertifikat lain dalam surat lamaran kerja, sebutkan jumlah dokumen yang dilampirkan. Contoh: Lampiran: 5 berkas.

Perihal

Tuliskan perihal surat dengan jelas dan singkat. Misalnya, Perihal: Lamaran Pekerjaan sebagai Marketing Executive.

Tanggal surat

Jangan lupa mencantumkan tanggal penulisan surat. Biasanya, tanggal ini ditempatkan di pojok kanan atas. Contoh: Jakarta, 28 September 2024.

Alamat penerima

Sertakan alamat lengkap penerima surat, termasuk nama perusahaan, alamat kantor, kota, dan kode pos.

Salam pembuka

Gunakan salam pembuka yang formal dan sopan, misalnya "Kepada Yth., (Nama Penerima Surat)".

Isi surat

Bagian utama surat lamaran kerja ini berisi alasan kamu melamar posisi tersebut, mengapa kamu cocok untuk posisi tersebut, serta keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki. Pastikan untuk menuliskannya dengan singkat, jelas, dan meyakinkan.

Salam penutup

Akhiri dengan salam penutup yang sopan, seperti "Hormat saya," atau "Terima kasih atas perhatian Anda."

Tanda tangan

Setelah salam penutup, tambahkan tanda tangan secara manual. Jika mengirim lewat email, cukup gunakan tanda tangan elektronik atau cukup dengan nama saja.

Nama terang

Tuliskan nama lengkap dengan jelas di bawah tanda tangan.

Baca juga: Formulir lamaran kerja Steve Jobs terjual Rp2,4 miliar

Baca juga: Strategi melamar kerja dari JobStreet

Halaman selanjutnya: Contoh surat lamaran kerja

Pewarta: Raihan Fadilah
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024