Jakarta (ANTARA) - Startup atau usaha rintisan platform media Onpers, platform media penghubung publik ke wartawan atau sebaliknya wartawan ke sumber berita, resmi diluncurkan.

Pendiri Onpers, Agus Mansur di Jakarta, Selasa mengatakan konsep awal dari Onpers adalah sebagai penghubung publik ke wartawan, karena, meski banyak platform media saat ini, tapi belum ada media yang memberikan akses publik ke wartawan.

Selain sebagai penghubung publik ke wartawan, lanjutnya, fitur lain di Onpers adalah publik bisa upload berita sendiri atau upload agenda acara jika acara itu memang ingin dihadiri oleh wartawan, atau memang itu acara publik.

Baca juga: Kementerian BUMN dorong media jadi konten kreator di platform digital

"Jadi publik diberikan kesempatan untuk bisa upload berita/rilis yang nantinya rilis itu bisa diolah menjadi sumber berita oleh wartawan,” ujar mantan jurnalis sebuah media nasional itu.

Agus menyatakan Onpers merupakan perpaduan antara media massa dan media sosial, karena saat ini di tengah perkembangan media sosial yang sangat pesat semua orang bebas berpendapat bahkan tidak sedikit kadang munculnya berita hoaks berseliweran di media sosial karena tidak ada filter.

Oleh karena itu dengan hadirnya platform ini, tambahnya, publik bisa tetap bisa mengutarakan pendapat atau informasi tapi bisa dipertanggungjawabkan data dan kebenarannya.

"Dengan hadirnya platform ini setidaknya bisa meminimalkan berita-berita hoaks. Kehadiran kami diharapkan bisa memberikan warna baru media massa di tengah pesatnya perkembangan teknologi saat ini.

Menurut dia industri media massa tengah mengalami masa disrupsi digital, oleh karena itu pihaknya menghadirkan evolusi media massa yang tetap mengedepankan informasi yang faktual, up to date, dan dapat dipertanggungjawabkan di tengah pesatnya media soasial dan artifical intelligence (AI).

"Sehingga media massa sebagai garda depan informasi di Indonesia bisa tetap terwujud," katanya.

Dengan diluncurkannya Onpers maka publik bisa mengakses Onpers di www.onpers.co.id.

Baca juga: Forum Pemred: Publisher Rights pintu masuk ekosistem media lebih sehat

Baca juga: Kreator digital beri tips untuk membuat konten menarik

Pewarta: Subagyo
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024