Stockholm (ANTARA) - Penghargaan Nobel Fisiologi atau Kedokteran 2024 dianugerahkan pada Senin (7/10) kepada dua ilmuwan asal Amerika Serikat (AS), Victor Ambros dan Gary Ruvkun, atas penemuan mereka terkait microRNA dan peran molekul itu dalam regulasi gen pascatranskripsi.

MicroRNA merupakan sebuah kelas baru dari molekul RNA kecil yang sangat penting dalam regulasi gen. Saat ini diketahui bahwa genom manusia mengandung lebih dari 1.000 microRNA.

Majelis Nobel mengatakan bahwa penemuan mengejutkan kedua ilmuwan itu mengungkap sebuah dimensi yang benar-benar baru dalam regulasi gen.

"MicroRNA terbukti secara fundamental penting terhadap cara organisme berkembang dan berfungsi," tambah majelis tersebut.

Pengumuman itu menandai dimulainya musim penganugerahan Penghargaan Nobel tahun ini. Pengumuman Nobel akan dilanjutkan dengan Penghargaan Nobel Fisika pada Selasa (8/10), diikuti oleh Penghargaan Nobel Kimia pada Rabu (9/10), dan Penghargaan Nobel Sastra pada Kamis (10/10).

Sementara itu, Penghargaan Nobel Perdamaian akan diumumkan pada Jumat (11/10) dan Penghargaan Nobel Memorial di bidang Ilmu Ekonomi akan diumumkan pada 14 Oktober.
 
Hadiah Nobel bidang Fisiologi atau Kedokteran tahun 2024 diumumkan di Institut Karolinska di Stockholm, Swedia, pada 7 Oktober 2024. Hadiah Nobel bidang Kedokteran tahun 2024 diberikan pada hari Senin kepada dua ilmuwan Amerika, Victor Ambros dan Gary Ruvkun, atas penemuan mereka tentang microRNA dan perannya dalam regulasi gen pasca transkripsional. (Xinhua/Peng Ziyang)

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024