Karena yang ramai ini katanya ada the power of orang dalam. Kami untuk menghapus hal itu...
Serang (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meluncurkan aplikasi Siloker, Sistem Informasi Lowongan Pekerjaan, guna menghapus stigma bahwa untuk mendapat kerja harus menggunakan orang dalam.
 
Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Banten Virgojanti saat acara Job Fair Pemprov Banten di KP3B Serang, Selasa, mengatakan peluncuran aplikasi tersebut dalam upaya mengurangi angka pengangguran di wilayahnya.
 
"Karena yang ramai ini katanya ada the power of orang dalam. Kami untuk menghapus hal itu, kami ingin menghapus dan meyakinkan bahwa kita mencari atau membuka kesempatan bagi para pekerja untuk bergabung di perusahaan kita, kita lakukan secara profesional," ujarnya.
 
Virgojanti mengatakan melalui aplikasi Siloker telah terdapat sekitar 5.000 pengunduh dan pelamar pekerjaan yang sudah memanfaatkan. Aplikasi Siloker juga terhubung pada aplikasi SIAPkerja Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker)  RI.

Baca juga: Tangerang Digital Fest buka 10.237 lowongan kerja
 
Ia menjamin perusahaan yang tergabung dalam acara bursa kerja tersebut akan merekrut pegawai secara profesional.
 
"Kepada kandidat-kandidat yang memang memiliki kemampuan di bidangnya, silahkan untuk akses aplikasi Siloker, dalam mereka mendapatkan informasi terkait dengan lowongan pekerjaan yang memang sedang dibikinkan," ujarnya.
 
Peluncuran aplikasi tersebut turut disambut oleh salah satu pelamar kerja, Safri yang datang dari Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang.
 
Safri mengatakan hal yang membuatnya resah dalam mencari pekerjaan adalah selain banyaknya lowongan yang tutup, juga terdapat permainan calo atau orang dalam.

Baca juga: Polres Serang-Banten tangkap penipu 80 pencari kerja
 
"Kesulitan saya itu calo orang dalam ya. Ada beberapa perusahaan juga yang melamar pekerjaan padahal perusahaannya itu tidak meminta uang, tapi ada orang dalam atau oknum yang minta uang tersebut ada," ujarnya. 
 
Dengan adanya Siloker yang diluncurkan pada saat bursa kerja, ia berharap segera mendapat pekerjaan, serta berdampak pada kurangnya pengangguran dan memajukan daerah.
 
Peluncuran Siloker tersebut dalam acara Job Fair Provinsi Banten yang berlangsung 8-10 Oktober 2024 dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Banten ke-24. Di sana, terbuka sekitar 204 formasi dengan 4.000 lowongan pekerjaan oleh 54 perusahaan atau industri yang berpartisipasi.
 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024