Jakarta (ANTARA) -
Calon Gubernur dan WaGubernur nur Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) bakal mewujudkan moda transportasi air (waterway) di sungai-sungai di Jakarta.
 
Juru Bicara Pasangan RIDO Bernardus Djonoputro di Jakarta, Selasa, mengatakan, beberapa sungai di Jakarta sangat mungkin untuk menjadi "waterway".
 
"Contohnya, Banjir Kanal Timur (BKT), saluran buatan dengan lebar antara 100-300 meter, tergantung lokasinya. Sedangkan bantaran kalinya masing-masing 18 meter di sisi kiri dan kanan," katanya.

Karakteristiknya juga lurus, panjang dan dalam. "Ini potensial dibuat transportasi dan wisata air," kata Bernie, panggilan Bernardus Djonoputro.

Baca juga: Ridwan Kamil akan bangun Ciliwung dengan konsep Pentahelix
 
Selain BKT, Banjir Kanal Barat (BKB) juga sangat dimungkinkan dengan rute Tanah Abang, Halimun hingga Manggarai. Sungai lain yang berpotensi dibuatkan moda transportasi air adalah Ciliwung tengah, mulai dari selatan sampai Cijantung dan Condet.

Kehadiran transportasi air ini akan membuat sungai menjadi lebih terpelihara dan lebih bagus. "Saat ini, sebenarnya sungai juga sudah dimanfaatkan warga, hanya saja saat ini tidak termanajemen dengan baik," tuturnya.
 
Menurut dia, transportasi air bisa menjadi salah satu jenis moda angkutan umum massal yang akan dikembangkan untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.
 
Terlebih, moda transportasi air pernah ditetapkan dalam program Pola Transportasi Makro (PTM) Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2003.

Mulai tahun 2007, Sutiyoso yang menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta kala itu sempat mencanangkan integrasi Bus Rapid Transit (BRT), Light Rail Transit (LRT), Mass Rapid Transit (MRT) dan Angkutan Sungai (Waterways).

Baca juga: Tinjau Sungai Ciliwung, RK ingin realisasikan transportasi air di DKI
 
Tim teknis RIDO mengenali beberapa kendala dalam mewujudkan transportasi air, seperti sampah dan debit air yang tidak pasti. "Saat ini, kami sedang membuatkan kajian secara mendalam," katanya.
 
Kajian itu diperlukan untuk mengantisipasi risiko hujan karena debit air bisa melewati batas atas ketinggian dalam pengoperasian kapal. Begitu pun, saat tidak hujan sehingga menyebabkan debit air berada di bawah batas pengoperasian kapal.
 
"Untuk menghidupkan sungai, RIDO akan menyiapkan Ruang Sungai atau Room For River, sungai akan dinormalisasikan sesuai dengan kodrat alaminya alias natural, agar bisa ditanami dengan rapi juga bisa dilengkapi dengan pedestrian," katanya.
 
Sehingga, kata dia, sangat dimungkinkan bagi warga sekitar bisa "healing" di tepian sungai karena memiliki ruang sungai yang indah, dipenuhi rindangnya pepohonan dan memiliki air yang jernih.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta telah menetapkan pasangan Cagub-Cawagub pada Pilkada DKI Jakarta.​​​​​​, yaitu Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2 dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024